Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Banjir Genangi Tiga Desa di Kabupaten Ogan Ilir

HOLOPIS.COM, SUMSEL – Banjir yang disebabkan tingginya intensitas hujan melanda sejumlah pemukiman warga yang ada di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, setidaknya tinggi air mencapai 40 sentimeter melanda sejumlah pemukiman warga.

“Hujan lebat mengguyur wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatra Selatan, pada Rabu petang (31/1). Kondisi yang menyebabkan adanya banjir tiga desa ini terjadi pada pukul 15.20 waktu setempat,” kata Abdul Muhari dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (1/2).

Abdul menjelaskan bahwa ketinggian genangan di desa terdampak terpantau sekitar 10 hingga 40 cm. Daerah yang terkena banjir berada di Kecamatan Pemulutan, tepatnya di Desa Ibu Besar III, Pipa Putih dan Harapan.

“Sebanyak 183 KK yang tinggal di ketiga desa ini terdampak banjir. Sejauh ini tidak ada warga yang melakukan pengungsian atau menjadi korban atas kejadian tersebut,” jelasnya.

Menyikapi kondisi ini, personel BPBD setempat telah menyiagakan untuk upaya evakuasi warga apabila dibutuhkan. Di sisi lain, otoritas penanggulangan bencana di daerah ini juga berkoordinasi dengan pihak kecamatan maupun desa. Secara periodik, informasi peringatan dini disampaikan untuk kesiapsiagaan.

Potensi hujan lebat di wilayah Provinsi Sumatra Selatan ini telah terpantau oleh BPBD dengan adanya informasi peringatan dini yang berlaku pada 31 Januari hingga 1 Januari 2024.

Sementara itu, laporan BPBD menyebutkan banjir merendam pemukiman warga sebanyak 138 unit, fasilitas Pendidikan 2 unit dan peribadatan 1 unit.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...

Menhub Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Transportasi Inklusif Terintegrasi DTKJ Awards 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru