BerandaNewsEkobizTatap Tantangan Global 2024 : Sri Mulyani Tekankan Reformasi dan Evaluasi kepada...

Tatap Tantangan Global 2024 : Sri Mulyani Tekankan Reformasi dan Evaluasi kepada DJBC

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menekankan perlunya reformasi dan evaluasi terus-menerus di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) sebagai respons terhadap tantangan global tahun 2024.

Dalam Rapat Kerja Pimpinan di Sentul, Bogor, pada Rabu (24/1), Menkeu menjelaskan peran DJBC sebagai trade facilitator, industrial assistance, community protector, dan revenue collector.

“Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) yang ada di dalam Lingkungan Kementerian Keuangan adalah pengelola keuangan negara yang memiliki 4 tugas khusus, yaitu trade facilitator, industrial assistance, community protector, revenue collector, Ini harus terus menerus dilakukan kalibrasi,” ungkap Sri Mulyani, seperti dikutip Holopis.com.

Pada kesempatan itu juga, Menkeu mengimbau ke seluruh Jajaran DJBC untuk dapat menghidupkan kembali semangat leadership, ownership, dan ketahanan dalam menghadapi situasi dunia yang tidak pasti akibat tensi geopolitik yang meningkat.

Penerbit Iklan Google Adsense

Sri Mulyani juga menyoroti isu-isu global seperti perubahan iklim, digitalisasi, dan pertumbuhan demografi di Indonesia, ia pun menegaskan bahwa DJBC harus berperan aktif dalam membantu Indonesia keluar dari perangkap negara berpendapatan menengah menuju Indonesia maju.

“Di satu sisi Indonesia jumlah populasinya naik, kita ingin menjadi negara kaya, maju. Maka nanti tugas Anda menjadi jauh lebih kompleks. Community protector nya menjadi sangat complicated. Karena selain teknologi berubah, mobilitas dunia masyarakat bergerak sangat cepat,” ujar Sri Mulyani.

Selain itu, dalam konteks sinergi dan kolaborasi, serta support dan kepercayaan antar unit di lingkungan kementerian keuangan maupun dengan institusi lain, ia pun meminta kepada jajaran DJBC, manajemen leadership, resources dikelola dengan baik hubungan antar unit ke atas maupun horizontal dengan institusi lain.

“Saya yakin akan bisa melewati ujian-ujian yang tidak mudah. Jadi tolong manajemen leadership, resources dikelola dengan baik hubungan antar unit ke atas maupun horizontal dengan institusi lain. Itu tugas yang harus Anda lakukan,” pinta Menkeu.

Sebelum mengakihri pidatonya, Sri Mulyani juga memberikan apresiasi atas kerja keras dan dedikasi luar biasa dari jajaran DJBC. Ia pun mengingatkan juga, DJBC untuk menjaga sikap netralitas, dan untuk tetap waspada menghadapi kontestasi politik yang mungkin muncul menjelang Pemilu 2024.

“Tahun Pemilu jaga sikap kita, netralitas itu adalah sesuatu yang sudah menjadi keharusan. Anda bisa punya preferensi apa saja lakukan pada saat anda di kotak suara. Itu adalah value yang menunjukkan bahwa kita sebagai manusia diatur oleh undang undang dan diatur oleh tata krama,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS