BerandaNewsInternasionalAmerika Serikat Ogah Dukung Taiwan jadi Negara Merdeka

Amerika Serikat Ogah Dukung Taiwan jadi Negara Merdeka

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden mengumumkan secara blak-blakan bahwa Amerika Serikat tidak mendukung Taiwan menjadi negara yang Merdeka. Hal itu diumumkan setelah para pemilih di Taiwan menolak China dan memberikan masa jabatan presiden ketiga kepada partai yang berkuasa, William Lai Ching-te.

“Kami tidak mendukung kemerdekaan,” demikian disampaikan Joe Biden, dikutip Holopis.com, Minggu (14/1).

Hal ini tentu saja sedikit membingungkan banyak pihak, mengingat Joe Biden pernah mengatakan bahwa mereka akan mempertahankan Taiwan jika diserang oleh China.

Pernyataan itu pun membuat perubahan yang drastis dari posisi Amerika Serikat yang selama ini dinilai ambigu ketika membahas masalah China dan Taiwan.

Penerbit Iklan Google Adsense

Namun perlu diketahui, Amerika Serikat telah mengalihkan pengakuan diplomatik dari Taipei ke Beijing pada tahun 1979 silam. Mereka juga sudah lama mengatakan bahwa tidak memberikan dukungan terhadap deklarasi kemerdekaan Taiwan.

Di sisi lain, Amerika Serikat tetap memelihara hubungan tak resmi dengan Taiwan, dan menjadi pemasok senjata untuk mereka.

Sementara itu, pemimpin baru Taiwan, William Lai Ching-te mengatakan bahwa ia akan mengusahakan kerja sama dengan China.

“Di bawah prinsip martabat dan kesetaraan, kami akan menggunakan pertukaran untuk menghentikan hambatan, mengganti konfrontasi dengan dialog, dan mengupayakan kerja sama dengan China,” kata William Lai Ching-te dalam pidato pertamanya.

Sebagai informasi, China mengatakan bahwa Taiwan adalah bagian dari tanah mereka, sementara Taiwan tetap dalam pendirian mereka sebagai negara Merdeka dari China.
China pun pernah mengatakan bahwa mereka akan mengambil kembali Taiwan secara paksa jika memang diperlukan.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Tega, Israel Serang Tempat Pengungsian dan Bunuh 16 Orang Tak Berdosa

Setidaknya sebanyak 16 orang meninggal dunia akibat serangan Israel di sebuah sekolah yang menjadi tempat penampungan keluarga-keluarga Palestina di Gaza.

Joe Biden Sedang Usaha Perbaiki Image, Setelah Tampil Ngaco di Debat Lawan Donald Trump

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menghadapi momen krusial dalam kampanye pemilihan presiden 2024 setelah penampilan kontroversialnya saat debat melawan Donald Trump...

Joe Biden Ogah Mundur dari Pilpres AS 2024 Meski Ketuaan

Presiden Joe Biden telah menegaskan komitmennya untuk ikut dalam pemilihan presiden tahun 2024, meskipun menemui tantangan terkait performa debatnya dengan Donald Trup yang dianggap lemah.

Prabowo Subianto Apresiasi Dukungan PM Malaysia

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengucapkan terimakasih kepada PM Malaysia Anwar Ibrahim atas dukungan yang diberikan kepada pemerintah Indonesia.

Badai dan Banjir China, Ratusan Ribu Orang Harus Dievakuasi

Wilayah China bagian Timur dilanda badai hujan dan banjir yang mengakibatkan sungai-sungai seperti Yangtze meluap.

UPDATE : Jumlah Korban Tewas Terinjak-Injak di Festival Agama India Jadi 121 Orang

Jumlah Korban tragedi terinjak-injak di India dalam festival keagamaan telah meningkat. Sebanyak 121 orang meninggal dunia di Uttar Pradesh, India utara. Peristiwa tragis ini terjadi selama pertemuan keagamaan Hindu yang sangat padat.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS