Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

5 Manfaat Buah Tomat, Bisa Sehatkan Mata dan Fungsi Otak

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Buah tomat adalah jenis bahan makanan yang tidak sulit ditemukan di masakan-masakan Indonesia. Meskipun tidak semua orang menyukai tomat, buah berwarna merah dan banyak mengandung air ini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Meskipun lebih sering menjadi pelengkap masakan, ternyata tomat juga memiliki manfaat kesehatan yang tak kalah dari bahan makanan utama lainnya loh, Sobat Holopis. Buah tomat mengandung banyak vitamin C,  menyokong fungsi otak, dan manfaat kesehatan lainnya.

1. Sumber Vitamin C

Tomat mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Vitamin C juga penting untuk menjaga kesehatan kulit, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan membantu penyerapan zat besi.

2. Menyokong Kesehatan Mata

Tomat mengandung vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A mendukung fungsi retina dan membantu menjaga penglihatan yang baik, serta melindungi mata dari risiko penyakit mata degeneratif.

3. Antioksidan Lycopene

Lycopene adalah senyawa antioksidan yang memberi warna merah pada tomat. Antioksidan ini telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

4. Mengandung Vitamin K

Vitamin K dalam tomat berperan dalam pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang. Vitamin K juga dapat membantu mencegah osteoporosis dan memperkuat tulang. Kandungan ini sangat bermanfaat khususnya untuk para wanita.

5. Menyokong Fungsi Otak

Tomat mengandung vitamin B kompleks, termasuk tiamin (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), dan asam folat (B9). Nutrien ini mendukung fungsi sistem saraf dan dapat membantu menjaga kesehatan otak.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan likopen dan potassium dalam tomat dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Konsumsi tomat secara teratur telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jalan Tol Jogja-Solo Tahap I Segmen Kartasura-Klaten Lolos Uji Laik Fungsi dan Operasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), selaku...

BNPB : Ratusan Warga Terdampak Gempa Bandung Raya

BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mengungkapkan data terbaru pasca bencana gempa berkekuatan 5,0 M yang melanda kawasan Bandung Raya, Provinsi Jawa Barat.

Waskita Karya Garap 24 Bendungan, Progres 2 proyek Sudah Tembus 90 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA -  PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru