HOLOPIS.COM, JAKARTA – Debat Calon Presiden (Capres) 2024 yang diselenggarakan oleh KPU di Istora Senayan Jakarta pada hari Minggu 6 Januari 2024 lalu mengundang banyak respon dari masyarakat.

Beberapa masyarakat menilai salah satu calon presiden justru tidak mengungkapkan visi misi dan argumentasinya, melainkan menyerang secara pribadi salah satu calon presiden lainnya. Netizen pun membandingkan capres dari nomor urut 2, Prabowo Subianto, dan capres nomor urut 3, Anies Baswedan.

Dalam cuplikan yang saat ini viral di Tiktok, diunggah @ikbal.zayyan, terlihat di awal video bagaimana Prabowo Subianto menolak untuk memberikan penialian tentang sosok Anies Baswedan.

“Saya kira, apa ya bukan wewenang saya atau kompeten saya untuk menilai. Itu kan rakyat yang akan menilai beliau,” kata Prabowo dalam cuplikan itu, dikutip Holopis.com, Selasa (9/1).

Prabowo menjelaskan bahwa dirinya juga sedang mempersiapkan diri dan menyediakan diri untuk maju, sehingga sebagai kontestan, ia merasa tidak berhak memberikan penilaian untuk Anies.

“Kita kan bersaing. Masak anda minta saya nilai beliau,” ucap Prabowo.

Kemudian ditampilkan pula cuplikan berikutnya, di mana Anies Baswedan secara blak-blakan memberikan nilai 11 dari 100 untuk kinerja Prabowo Subianto selama menjadi Menteri Pertahanan, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

“Menurut saya, skor nya justru di bawah 5 Mas Ganjar. Kalau 5 itu ketinggian,” kata Anies.

Kemudian calon presiden nomor 3, Ganjar Pranowo menantang Anies untuk langsung memberikan penilaian terkait kinerja Prabowo dan tidak hanya memberikan petunjuk di bawah angka lima.

“11 mas, dari 100,” kata Anies sambil tersenyum.

Reaksi Netizen Pasca Depat Capres Ketiga

Netizen pun memberikan penilaian pribadi pasca menonton debat. Mereka pun mengungkit status Anies yang pernah diberhentikan Jokowi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

@ikbal.zayyan

Apa tanggapan kalian? #capres2024prabowo #matanajwaceotiktok #prabowosubianto #indonesiaemas

♬ suara asli – Ikbal zayyan – Ikbal zayyan

“Di rate 11/100 sama mantan Menteri yang dipecat oleh Presiden,” kata @urnaylll_.

“Pak Prabowo tatapannya kek nggak nyangka sama kecewa,” kata @panggulajathalia.

“Nangisin Pak Prabowo kok bisa sesabar itu,” kata @sweetgrl100.

“Calon pemimpin Indonesia yang baik adalah calon pemimpin yang tidak menjelekkan satu sama lain, lihatlah Pak Prabowo ini begitu mempunyai hati yang tulus,” kata @pitrianural.