BerandaNewsEkobizKemenkeu Benarkan Pernyataan Prabowo Banyak Anggaran Kemhan Tak Disetujui saat Pandemi

Kemenkeu Benarkan Pernyataan Prabowo Banyak Anggaran Kemhan Tak Disetujui saat Pandemi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Staf Khusus Bidang Komunikasi Strategis Menteri Keuangan Prastowo Yustinus membenarkan pernyataan calon presiden nomor urut 2 yang sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terkait anggaran dalam debat ketiga Pilpres 2024 yang berlangsung beberapa waktu lalu.

Adapun pernyataan Prabowo terkait anggaran kala itu menjawab pertanyaan dari capres lain yang mempertanyakan alasan skor sejumlah indikator pertahanan negara Indonesian yang menurun beberapa tahun belakangan ini.

Prabowo pun menjawab, bahwa turunnya sejumlah indikator itu terjadi karena banyaknya anggaran yang diajukan oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) tidak disetujui karena adanya refocussing atau pengalihan anggaran guna mengendalikan pandemi Covid-19.

Yustinus lantas menegaskan, bahwa pada masa pandemi Covid-19, pemerintah harus mengambil kebijakan yang tepat guna menjaga kestabilan sosial dan ekonomi, dan juga kesehatan di dalam negeri.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Salah satu kebijakan yang diambil pemerintah dan didukung DPR adalah APBN diprioritaskan pada penanganan dampak pandemi covid-19, antara lain melalui kebijakan refocusing anggaran,” kata Yustinus sebagaimana dikutip Holopis.com, Selasa (9/1).

Dia mengatakan, bahwa kebijakan refocussing anggaran berlaku di semua Kementerian/Lembaga (K/L), yang diputuskan dalam Sidang Kabinet. Melalui kebijakan ini, dilakukan penyusunan prioritas ulang belanja oleh K/L, demi menangani dampak pandemi covid-19.

⁠Adapun refocussing kegiatan dan anggaran, kata Yustinus, ditetapkan dan diputuskan oleh masing-masing K/L terhadap kegiatan yang dianggap dapat ditunda.

“K/L sendiri yang memahami kegiatan yang paling urgent dan prioritas dan kegiatan/program yang dapat ditunda karena Pandemi,” katanya.

Dijelaskan Yustinus, refocusing dilakukan K/L dengan memblokir anggaran dari kegiatan yang diusulkan ditunda oleh K/L. Kegiatan dan anggaran yang dilakukan blokir dapat dilakukan relaksasi (buka blokir) sesuai prioritas dan kondisi anggaran.

“Pelaksanaan anggaran oleh K/L dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, selanjutnya diaudit oleh BPK dan dipertanggungjawabkan kepada DPR,” tukasnya.

Dia pun mengaku bersyukur, karena berkat kerjasama semua pihak, Indonesia dapat melewati masa pandemi dengan sangat baik.

“Kita bersyukur berkat kerjasama, sinergi, dan dukungan seluruh pihak, Indonesia dapat menangani pandemi dengan baik dan termasuk negara yang dapat kembali pulih lebih cepat dan kuat,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS