HOLOPIS.COM, JAKARTA – Topik ini masih sering dianggap tabu untuk dibicarakan. Apalagi kegiatan memuaskan diri sendiri secara seksual biasanya lebih sering dibahas dari sisi laki-laki. Namun, masturbasi juga merupakan kegiatan seksual yang juga tak jarang dilakukan wanita.

Masturbasi membutuhkan lingkungan yang nyaman, agar bisa memberikan kepuasan dan kenyamanan tersendiri. Dibutuhkan eksplorasi diri, dan jangan terburu-buru melakukannya.

1. Eksplorasi Tubuh

Kenali tubuh dengan lebih baik. Sentuh bagian-bagian yang membuat nyaman dan pahami yang mana yang membuat tidak nyaman. Hal ini bisa membuat anda lebih memahami bagian tubuh anda sehingga lebih nyaman melakukan komunikasi dengan pasangan ketika akan berhubungan badan.

2. Lingkungan yang Nyaman dan Bersih

Salah satu hal terpenting adalah memilih lingkungan yang nyaman dan bersih untuk anda mengeksplorasi diri. Pilih lingkungan yang tenang dan bebas gangguan agar anda dapat fokus sepenuhnya pada sensasi dan kenikmatan.

3. Gunakan Pelumas

Untuk menghindari gesekan yang tak diinginkan, gunakan pelumas berbasis air untuk meningkatkan kenyamanan saat mengeksplorasi diri sendiri. Hal ini membuat anda tidak ragu-ragu untuk mencari bagian-bagian yang dapat meningkatkan kenikmatan.

4. Jangan Terburu-buru

Selain memperhatikan kenyamanan dan kebersihan, berikan waktu pada diri sendiri dan nikmati setiap momen yang ada. Apalagi, tidak ada batasan waktu dalam masturbasi.

5. Perhatikan Pernapasan

Fokus pada pernapasan dapat membantu meningkatkan kesadaran diri dan meningkatkan sensasi seksual. Ini juga dapat membantu anda bagaimana nantinya mencari alur napas ketika berhubungan dengan pasangan.

6. Tidak Sharing Alat Bantu Seks

Anda bisa saja menggunakan alat bantu seks ketika sedang masturbasi, namun hindari berbagi alat bantu seks dengan orang lain, meskipun teman dekat. Saling berbagi alat bantu seks dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko penularan penyakit menular seksual.