Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizInflasi Desember Jadi yang Tertinggi Sepanjang Tahun 2023

Inflasi Desember Jadi yang Tertinggi Sepanjang Tahun 2023

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Amalia Adininggar Widyasanti menyampaikan kabar gembira perihal tingkat inflasi di tahun 2023 yang sebesar 2,16 % secara tahunan atau year on year (yoy)

Amalia menyampaikan, inflasi 2023 secara historis menjadi yang terendah selama 20 tahun terakhir.

“Inflasi tahun 2023 merupakan inflasi terendah dalam 20 tahun terakhir,” ungkapnya dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Selasa (2/1).

Adapun berdasarkan kelompok pengeluaran inflasi tahunan terbesar terjadi pada kelompok makanan minuman dan tembakau, yakni sebesar 6,18 % dan memberikan andil sebesar 1,6 % terhadap inflasi umum.

Secara lebih terperinci, BPS mencatat inflasi komponen harga pangan bergejolak atau volatile food pada 2023 mencapai 6,73%, lebih tinggi bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar 5,61%.

“Komponen ini memberikan andil paling besar terhadap inflasi tahunan, yakni 1,15%,” tuturnya.

Adapun dari komponen ini, komoditas yang paling dominan memberikan andil inflasi selamna setahun terakhir adalah beras, cabai merah, cabai rawit, bawang putih, dan daging ayam ras.

Lebih lanjut, Amalia menjelaskan rendahnya inflasi di tahun 2023 itu disebabkan oleh berbagai faktor eksternal, terutama dampak cuaca. Dia juga melihat adanya pengendalian inflasi yang efektif dari seluruh pemangku kepentingan dan stakeholder terkait.

“Peran seluruh pemangku kepentingan tentunya berbagai stakeholder sangat signifikan dalam upaya pengendalian inflasi sehingga inflasi di Indonesia relatif rendah dibandingkan negara lain,” jelasnya.

Sementara untuk inflasi secara bulanan atau month to month pada Desember 2023, tercatat sebesar 0,14 %. Angka ini lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya, bahkan menjadi yang tertinggi di sepanjang tahun 2023.

“Tingkat inflasi bulan Desember 2023 adalah yang tertinggi sepanjang tahun 2023,” kata Amalia.

Pun untuk komponen penyumbang utama inflasi Desember 2023 adalah makanan, minuman, dan tembakau, dengan komoditas penyumbang utamanya antara lain cabai merah, tarif angkutan, bawang merah, tomat, dan beras.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.