HOLOPIS.COM, PAPUA – Pihak TNI memastikan bahwa kondisi wilayah Papua relatif aman pasca kerusuhan sejumlah pendukung Lukas Enembe saat mengarak jenazahnya untuk dikebumikan.

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mengakui, kondisi relatif masih kurang kondusif hanya ada di daerah Jayapura.

“Memang secara keseluruhan situasi keamanan di empat provinsi yang tersebar di empat korem sejak meninggalnya mantan Gubernur Papua Lukas Enembe hingga pemakamannya berlangsung aman, kecuali Kota dan Kabupaten Jayapura,” kata Izak Pangemanan dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (29/12).

Kondisi tersebut disebabkan karena diduga sampai saat ini kedua wilayah tersebut masih disusupi oleh anggota KNPB dan ULMWP.

Kedua kelompok ini diduga mempunyai peran kuat dalam kericuhan selama perjalanan jenazah dari Sentani hingga Koya Tengah.

Dimana diketahui telah terjadi pelemparan dan pembakaran bangunan serta kendaraan, bahkan ada beberapa anggota TNI-Polri yang terluka termasuk Penjabat Gubernur Papua Ridwan Rumasukun,

Izak pun menambahkan, pihaknya sampai saat ini masih terus melakukan pengejaran terhadap para provokator yang terlibat dalam kerusuhan.

“Aparat keamanan akan mengusut hingga tuntas baik kasus pemukulan, pelemparan hingga pembakaran,” tegas Izak.