BerandaOtoteknoTeknoHati-Hati! Ada Modus Baru Curi Akun Instagram

Hati-Hati! Ada Modus Baru Curi Akun Instagram

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pencurian akun Instagram mulai dilakukan dengan modus baru, yakni melalui metode phishing yang akan mengambil alih akun tanpa membutuhkan kode autentikasi dua faktor (2FA).

Modus tersebut, ditemukan oleh Trustwave yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam keamanan siber. Disebutkan, pencuri akun Instagram mengincar backup code atau kode cadangan untuk mengambil alih akun pengguna.

Para pelaku pencurian ini melakukan aksi phishing, dengan mengirim email dengan berpura-pura sebagai Meta yang merupakan perusahaan induk Instagram.

Email tersebut, mengklaim pengguna telah melanggar hak cipta dan diminta untuk mengajukan banding jika tidak ingin akunnya dihapus.

Penerbit Iklan Google Adsense

Dikutip Holopis.com dari 9to5Mac, Sabtu (23/12) jika link mengajukan banding yang dikirimkan ke email diklik. Selanjutnya, akan masuk ke halaman phishing yang dibuat mirip seperti portal resmi dari Meta.

Lalu, pemilik akun akan diarahkan ke halaman baru untuk memberikan email dan password akun Instagram.

Setelah memberikan kredensial akun, pengguna ditanya apakah sudah mengaktifkan 2FA. Jika pengguna menjawab ‘Yes‘, penjahat siber akan meminta pengguna untuk memasukkan satu dari lima backup code.

Mereka bahkan menjelaskan langkah-langkah untuk mendapatkan backup code di aplikasi Instagram.

Jika Sobat Holopis pernah menjadi korban phishing seperti di atas, segera ganti password akun Instagram Sobat Holopis dan buat backup code baru.

Caranya mudah, yaitu : buka aplikasi Instagram masuk ke Pengaturan dan privasi > Pusat akun > Kata sandi dan keamanan > Autentikasi dua faktor > pilih akun Instagram > Metode tambahan > Kode cadangan > Dapatkan kode baru.

Selama ini pengguna internet diajarkan mengaktifkan 2FA untuk memberi lapisan keamanan tambahan di akunnya. 2FA bisa berupa one-time password yang dikirim lewat SMS atau WhatsApp, atau dibuat oleh aplikasi authenticator.

Selain 2FA, Instagram juga menyediakan opsi lain untuk mengamankan akun, salah satunya menggunakan backup code. Kode berisi delapan digit ini bisa digunakan untuk login ke perangkat baru jika pengguna tidak bisa mengakses metode 2FA yang dipilih, misalnya karena kehilangan ponsel.

Instagram memberikan lima backup code yang bisa dipakai pengguna dan satu kode hanya bisa dipakai sekali. Jika kode ini jatuh ke tangan penjahat siber, mereka bisa langsung mengambil alih akun Instagram tanpa bantuan 2FA.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Perlunya Pendekatan Holistik dalam Membangun Sistem Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan bahwa persoalan keamanan data memang menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnia yang bersentuhan dengan digitalisasi.

Waspada Keamanan Data di Era Digital

Data pribadi merupakan informasi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi individu secara spesifik, seperti nama, alamat, nomor telepon, data finansial, dan informasi pribadi lainnya. Dalam konteks digital, data ini sering kali disimpan dan diproses secara elektronik.

Roy Suryo Yakin Peretasan Pusat Data Nasional Akibat Orang Dalam

Pemerhati Telematika, Multimedia, AI & OCB Independen Roy Suryo meyakini betul bahwa ujung tombak dari masalah peretasan dan serangan ransomware oleh brain cipher adalah akibat orang dalam.

Event Promo Diamond Bakal Datang Kembali, Catat Tanggalnya!

Kabar gembira untuk para penggemar game Mobile Legends (ML), kini event promo diamond akan segera hadir pada 5 Juli 2024 mendatang di original server.

Besok, Hacker PDNS Bakal Berikan Kunci Ransomware Gratis!

Gang hacker yang menamakan diri mereka sebagai Brain Chiper, dikabarkan bakal memberikan kunci ransomware yang menyerang PDNS (Pusat Data Nasional Sementara) Indonesia.

Kominfo Kena Retas, Hacker Klaim Bobol NIK Hingga Nomor Rekening 

Sebuah kabar mengejutkan, disampaikan akun media sosial X @FalconFeedsio. Dalam postingannya disampaikan adanla pembobolan data di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS