BerandaNewsRagamPresiden Jokowi Resmikan Pembangunan Gedung Kodim di Ibu Kota Nusantara

Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Gedung Kodim di Ibu Kota Nusantara

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo secara resmi memulai pembangunan gedung Komando Distrik Militer (Kodim) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Kamis (21/12).

Dalam acara tersebut, Jokowi berharap pembangunan gedung Kodim IKN dapat menjadi patokan bagi gedung Kodim di daerah lainnya di seluruh Indonesia.

“Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, pagi ini pembangunan gedung Kodim IKN, saya nyatakan dimulai,” ujar Jokowi dalam sumber YouTube Sekretariat Presiden seperti dikutip Holopis.com.

Gedung Kodim IKN tipe A akan dibangun di atas lahan seluas 3,29 hektare. Kompleks Kodim IKN akan mencakup kantor, rumah huni anggota, pos, rumah jaga, gudang amunisi, aula, dan prasarana penunjang lainnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Karena lokasinya di IKN, gedung Kodim ini diharapkan memiliki visi sejalan dengan konsep forrest city yang menjadi visi IKN sebagai ibu kota baru.

Jokowi menekankan bahwa gedung Kodim IKN harus didesain sesuai dengan visi ke depan yang modern dan menerapkan konsep green building. Hal ini diharapkan dapat menjadi contoh atau patokan bagi Kodim di seluruh Indonesia.

Selain itu, Presiden memberikan pesan khusus terkait pelestarian lingkungan di sekitar gedung Kodim. Ia meminta agar tidak terlalu banyak menebang pohon demi pembangunan kompleks Kodim.

Mengingat kawasan tersebut memiliki karakteristik hijau, Jokowi berharap pohon-pohon yang bagus di sekitar area tersebut dapat dihindari dari pemotongan yang berlebihan.

Jokowi juga menyatakan bahwa keberadaan Kodim di IKN akan membantu pemerintah dalam melaksanakan tugas-tugas pengamanan ibu kota negara serta melindungi IKN dari berbagai ancaman dan gangguan yang dapat mengancam keutuhan bangsa dan negara.

“Saya berharap keberadaan Kodim IKN ini akan membantu pemerintah dalam penyelenggaraan ketahanan wilayah dan menjaga IKN serta menegakkan kedaulatan negara,” ungkapnya.

Peresmian pembangunan gedung Kodim di IKN ini mencerminkan komitmen pemerintah untuk membangun infrastruktur pertahanan dan keamanan yang solid dalam rangka mendukung kelancaran fungsi ibu kota baru.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Guru Besar Unissula, Firmanto Laksana Dorong Pengembangan Industri Golf Tanah Air

Menantu pengacara kondang Otto Hasibuan ini telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung perkembangan industri golf di Indonesia.

Tahun Baru Islam Harus Jadi Ajang Kontemplasi Nasionalisme

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Prof Mahfud MD, mengatakan bahwa tahun baru Islam harus menjadi ajang untuk perenungan bagi seluruh bangsa Indonesia untuk merawat nasionalisme dan rasa persaudaraan antar sesama anak bangsa.

Lokasi SIM Keliling Hari Senin 8 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Senin 8 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Mie Instan Bikin Gendut, Bener Gak Sih?

Mie instan adalah makanan instan yang popular tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia karena kemudahan dalam penyajiannya dan rasa yang nikmat.

Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir

Bencana banjir melanda ribuan rumah warga di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS