Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Wapres Ma’ruf Amin Dorong Keterbukaan Informasi

Saya mengharap KIP terus mendorong badan publik yang belum informatif agar meningkatkan kinerjanya.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin mengingatkan kepada semua lembaga negara untuk memastikan keterbukaan informasi publik dikedepankan sebagai bagian dari transparansi.

“Saya memiliki keyakinan, bahwa transparansi informasi adalah jalan merawat informasi yang tujuan akhirnya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Kiai Maruf dalam kegiatan anugerah Komisi Informasi Pusat (KIP) di Jakarta, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (19/12).

Oleh sebab itu, ia pun mendorong agar KIP sebagai lembaga negara yang fokus dalam konteks keterbukaan informasi terus mendorong agar semua lembaga negara dan lembaga pemerintah lainnya mengejawantahkan semangat transparansi, sehingga publik bisa semakin percaya dengan pemerintahnya.

“Saya mengharap KIP terus mendorong badan publik yang belum informatif agar meningkatkan kinerjanya,” tuturnya.

Di sisi lain, orang nomor dua di Republik Indonesia tersebut juga mengapresiasi jumlah Badan Publik yang menyandang predikat informatif berdasarkan penilaian KIP bertambah siginifikan.

Apalagi kata kiai Ma’ruf, pada tahun 2018, hanya ada 15 (lima belas) badan publik yang tergolong informatif, sementara pada tahun 2023 jumlahnya melonjak menjadi 139.

Selanjutnya jumlah badan publik yang tidak informatif merosot. Tahun 2018, 303 lembaga dinilai tidak informatif, tapi 2023 turun menjadi hanya 147 lembaga saja.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jalan Tol Jogja-Solo Tahap I Segmen Kartasura-Klaten Lolos Uji Laik Fungsi dan Operasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), selaku...

BNPB : Ratusan Warga Terdampak Gempa Bandung Raya

BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mengungkapkan data terbaru pasca bencana gempa berkekuatan 5,0 M yang melanda kawasan Bandung Raya, Provinsi Jawa Barat.

Waskita Karya Garap 24 Bendungan, Progres 2 proyek Sudah Tembus 90 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA -  PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru