HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin, memastikan Pemerintah telah menyiapkan sejumlah strategi dalam menghadapi libur panjang Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Menurutnya, momen Nataru yang berbarengan dengan momen libur sekolah menimbulkan peningkatan mobilitas masyarakat. Sehingga, faktor keamanan dan keselamatan perlu menjadi perhatian bersama. Terlebih, kasus Covid-19 di Indonesia saat ini mengalami tren peningkatan.

“Saya kira pemerintah sudah menyiapkan rencana untuk menghadapi libur dan mudik. Itu menjadi kerja rutin pemerintah setiap tahun,” kata Wapres Ma’ruf dalam keterangan pers yang dikutip Holopis.com, Senin (18/12).

Wapres menyebut, bahwa dalam mempersiapkan agenda libur Nataru sama halnya dengan libur Lebaran. Dan menurutnya, pemerintah di tahun ini telah berhasil menciptakan suasana libur panjang Lebaran yang tertib dan aman.

“Kalau secara umum, kita sudah punya road map-nya untuk mengatasi berbagai kemacetan, keamanan di jalan,” ujarnya.

Pun terkait tren peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi di Tanah Air saat ini, Wapres mengatakan pemerintah telah melakukan monitoring dan mulai penerapan protokol kesehatan (prokes) seperti penggunaan masker di sejumlah lokasi.

“Di tempat-tempat tertentu, sudah mulai menggunakan masker ya. Jadi, untuk masalah prokesnya itu kita mulai, tetapi kita ukur dengan besarnya perkembangan Covid itu,” jelas Wapres.

Namun dia mengingatkan, langkah-langkah antisipatif ini perlu dibarengi dengan vaksinasi Covid-19.

“Dan yang penting adalah vaksinasinya. Yang belum, supaya divaksinasi untuk menciptakan kekebalan,” imbaunya.

Adapun untuk strategi lebih lanjut, Wapres Ma’ruf mengatakan, bahwa pemerintah akan melakukan rapat terbatas (ratas) dengan mempertimbangkan perkembangan penyebaran virus yang berasal dari China teraebut.

“Belum ada langkah-langkah (lebih lanjut). Saya kira kalau itu nanti (penyebaran Covid-19) sudah membesar, akan ada ratas,” pungkasnya.