HOLOPIS.COM JAKARTA – Liga Inggris dikabarkan bakal menurunkan wasit wanita untuk memimpin pertandingan. Hal tersebut jadi sejarah baru bagi kompetisi Liga Inggris itu sendiri.

Dikutip Holopis.com dari situs resmi Liga Inggris, wasit wanita tersebut bernama Rebecca Welch, berusia 40 tahun, dimana kabarnya ia akan memimpin langsung pertandingan saat laga Fulham vs Burnley, (23/12) mendatang.

Terkait hal ini, Ketua Professional Game Match Officials Limited (PGMOL), Howard Webb menyebut bahwa Rebecca Welch sudah layak menjadi pengadil pertandingan, karena telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan untuk menjadi wasit di Liga Inggris.

“Rebecca adalah individu yang sangat tenang dan penuh fokus di lapangan. Dia sudah benar-benar bekerja keras untuk sampai di posisinya saat ini. Dia bekerja keras dari segi fisik hingga teknis, maka layak mendapat kesempatan nanti,” ungkap Howard.

Sebagai informasi tambahan, Rebecca Welch sendiri bukan wasit kemarin sore, ia merupakan wasit profesional yang sudah bertugas sejak 2010.

Sebelumnya, Rebecca sendiri mengambil bagian pekerjaan dalam pelayanan kesehatan nasional di Inggris, atau disebut National Health Service (NHS).

Sementara soal perjalanan atau kiprah kewasitan Rebecca, ia telah menjadi wasit di Liga Inggris Putri/Wanita, dimana karir lainnya Rebecca sempat menjadi pengadil pertandingan di Piala Eropa Wanita Tahun 2022.

Dengan demikian, ada pun harapan wasit wanita pertama di Liga Inggris itu bisa setegas-tegasnya mengadili tindak pelanggaran maupun ketidaksportifan di atas lapangan hijau.

Terlebih lagi, akhir-akhir ini wasit di Liga Inggris memang tengah menjadi sorotan banyak pihak, karena dianggap kerap mengambil keputusan yang kontroversial.

Salah satu contohnya yakni ketika laga Newcastle vs Arsenal di Liga Inggris beberapa pekan terakhir lalu, dimana keputusan wasit dianggap kontroversial sehingga dinilai merugikan The Gunners, karena berujung pada kekalahan pertamanya di Liga Inggris.