BerandaNewsMiliterPrabowo Subianto Dorong Kekuatan Pertahanan Udara Terus Diperkuat

Prabowo Subianto Dorong Kekuatan Pertahanan Udara Terus Diperkuat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto menyerahkan 5 unit pesawat NC-212i kepada TNI Angkatan Udara di Lanud Halim Perdanakusuma.

Dalam sambutannya, Prabowo Subianto berharap penambahan alutsista tersebut bisa meningkatkan persaingan industri pertahanan Indonesia.

“Kita berharap industri pertahanan kita akan terus meningkat, bahkan sampai mampu memproduksi pesawat tempur,” kata Prabowo Subianto dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (12/12).

Lima pesawat tersebut diketahui merupakan bagian dari pengadaan sembilan unit pesawat NC-212i untuk TNI Angkatan Udara yang akan memperkuat Skadron Udara 4 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Penerbit Iklan Google Adsense

Mantan Danjen Kopassus itu kemudian menyebut bahwa Angkatan Udara yang kuat menjadi suatu keharusan. Untuk itu perlu upaya keras dalam membangun kekuatan pertahanan negara, sehingga tidak bergantung dengan negara lain.

“Negara kita kaya akan sumber daya. Oleh karena itu, kita sangat perlu memiliki kekuatan pertahanan yang tangguh,” tegasnya.

Pengadaan pesawat ini diketahui bertujuan untuk mendukung kegiatan operasional TNI, baik dalam Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP), mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan memajukan industri pertahanan dalam negeri.

Pesawat NC-212i yang termasuk kategori pesawat angkut ringan ini adalah produk yang sepenuhnya dibuat oleh anak bangsa di PTDI.

Pesawat NC-212i memiliki beragam konfigurasi penggunaan, seperti pengangkut pasukan, evakuasi medis udara, foto udara, modifikasi cuaca, dan pelatihan navigasi udara.

Desain dan proses perawatan yang sederhana membuat pesawat ini efisien dalam biaya operasional dan perawatan, menjadikannya pesawat terbaik di kelas pesawat angkut ringan.

Keunggulan pesawat NC-212i meliputi penggunaan sistem avionik generasi terbaru untuk meningkatkan keselamatan penerbangan dan mengurangi beban kerja crew pesawat, muatan maksimal 28 penumpang dengan payload terbesar di kelasnya yaitu 3 ton, kabin terluas di kelasnya dengan volume kabin 22 m3, dilengkapi ramp door untuk memudahkan loading dan unloading, serta kemampuan take-off dan landing di landasan yang tidak beraspal.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

KSAL Puji Keberhasilan Kolinlamil Jaga Keamanan Laut Indonesia

KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut) Laksamana TNI Muhammad Ali memuji kinerja Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dalam menjaga perairan Indonesia.

Anak Prajurit TNI AU Raih Emas di Olimpiade Matematika Nasional

Kabar gembira datang dari keluarga besar TNI AU (Angkatan Udara). Pasalnya, anak dari salah satu prajurit TNI AU berhasil meraih medali emas di ajang Olimpiade Matematika tingkat nasional.

TNI AL Amankan Imigran Gelap di Sukabumi

TNI AL (Angkatan Laut) mengamankan puluhan warga asing yang merupakan imigran gelap di pantai Keusik Urug Muara Cikaso, Desa Buniasih, Kec. Tegalbulet, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

KSAU Intip Pengoperasian Pesawat Nirawak Istanbul

KSAU (Kepala Staf Angkatan Udara) Marsekal Tonny Harjono bersama rombongan mengunjungi Baykar Technology di Istanbul.

TNI AL Amankan 39 Pekerja Migran Ilegal Ilegal yang Bakal Dikirim ke Malaysia

TNI AL (Angkatan Laut) melalui Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Asahan (Lanal TBA) bersama tim gabungan dari Kanwil DJBC Sumut, KPPBC TMP C Teluk Nibung, dan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai kembali berhasil menggagalkan pengiriman 39 pekerja migran illegal.

TNI AL Bongkar Penyelundupan Pekerja Migran Ilegal di Karimun

TNI AL melalui Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Karimun (TBK) dalam hal ini Posal Takong Iyu berhasil menggagalkan upaya penyelundupan pekerja migran illegal.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS