Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Asyik! Ada Program Mudik Gratis di Periode Libur Nataru 2023/2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Program mudik gratis periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023/2024), kembali dibuka Kemenhub (Kementerian Perhubungan).

“Untuk itu sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, maka kami akan menyelenggarakan Mudik Gratis di libur Nataru ini,” ujar Direktur Angkutan Jalan, Suharto dalam keterangan tertulis yang dikutip Holopis.com, Rabu (6/12).

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyelenggarakan mudik gratis bagi pengguna sepeda motor. Program mudik gratis diselenggarakan untuk meningkatkan keselamatan dan kelancaran selama perjalanan mudik Nataru.

“Pendaftarannya dilakukan secara online melalui aplikasi Mitra Darat mulai tanggal 5 – 20 Desember 2023,” sambung Suharto.

Suharto mengatakan, masih banyak masyarakat yang melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor. Padahal, hal tersebut tidak disarankan dengan alasan keselamatan.

Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub (Baketrans), diperoleh angka bahwa sekitar 20,14 juta orang akan mengendarai sepeda motor.

Nantinya, dalam program mudik gratis ini akan di disiapkan 90 unit bus AKAP dan pariwisata dengan total penumpang yang bisa diangkut sebanyak 3.500 orang. Kemudian, sepeda motornya pun akan diangkut menggunakan truk dengan 4 truk disiapkan untuk membawa 120 unit sepeda motor.

“63 bus akan diberangkatkan dari Terminal Pulo Gebang (2.520 penumpang) dan Terminal Kampung Rambutan 27 bus (1.080 penumpang),” imbuh Suharto.

Pendaftaran bisa dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat yang dapat diunduh di Play Store atau App Store. Selanjutnya, lakukan pendaftaran sesuai langkah-langkah yang diarahkan dari aplikasi Mitra Darat.

“Kemudian, masyarakat yang telah melakukan pendaftaran online agar melakukan verifikasi di kantor pusat Kemenhub dan GOR Bulungan Blok M untuk wilayah Jakarta, serta Terminal Pondok Cabe untuk wilayah Tangerang Selatan,” tutur Suharto.

Berikut ini kota tujuan mudik gratis dengan masing-masing unit berkapasitas 40 orang yang disiapkan adalah:

1. Jakarta-Solo
2. Jakarta-Yogyakarta
3. Jakarta-Surabaya
4. Jakarta-Wonosobo
5. Jakarta-Semarang
6. Jakarta-Wonogiri
7. Jakarta-Cilacap
8. Jakarta-Putwokerto
9. Jakarta-Malang
10. Jakarta-Kediri
11. Jakarta-Madiun
12. Bus Disabilitas

Untuk sepeda motor disiapkan dua kota tujuan, yaitu:

1. Jakarta-Solo
2. Jakarta-Yogyakarta.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

4 Khasiat Pare, Pahit Tapi Baik untuk Tubuh

Pare, atau yang sering disebut juga sebagai peria, adalah sayuran yang dikenal dengan rasa pahitnya yang khas.

4 Alasan Bahaya Sentuh Sembarangan Bayi di Tempat Umum

Selebtok Jennifer Coppen melarang anak perempuannya, Kamari Sky Wassink disentuh oleh penggemarnya di tempat umum.

Khasiat Biji Nangka, Nomor 5 Wajib Dicatat Ciwi-ciwi!

Biji nangka, yang seringkali dianggap sebagai sampah dan dibuah setelah mengonsumsi buah nangka.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru