Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

5 Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula, Salah Satunya Harus Bisa Memprediksi Cuaca

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mendaki gunung merupakan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang atau kelompok berjalan kaki untuk menaiki gunung, atau dataran tinggi hingga mencapai puncak gunung. Biasanya aktivitas tersebut dilakukan oleh para pecinta alam atau orang – orang yang suka berpetualang.

Meskipun para pecinta alam menganggap bahwa melakukan pendakian gunung adalah hal yang menyenangkan, terdapat resiko yang berbahaya saat mendaki gunung. Maka dari itu, sobat Holopis perlu memahami beberapa tips di bawah ini untuk terhindar dari musibah yang tidak diinginkan.

  1. Mengenal batasan kemampuan

Setiap orang memiliki keterbatasan kemampuan dalam melakukan aktivitasnya. Jika kamu tidak sanggup mendaki gunung yang tinggi, pilihlah jenis gunung yang agak rendah supaya tidak terkena musibah yang bisa merenggut nyawa.

  1. Memprediksi kondisi cuaca

Saat hendak mendaki gunung, perhatikan dulu kondisi cuaca. Apabila melakukan pendakian ke gunung dalam keadaan curah hujan yang tinggi atau terlalu panas itu hanya akan membahayakan kesehatan, bahkan bisa menyebabkan kematian.

  1. Istirahat sejenak

Jika kamu sudah cukup jauh mendaki gunung, pentingnya beristirahat terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan lagi untuk mencapai puncak gunung, Jika anda terlalu memaksakan fisik agar mencapai puncak gunung tentu akan membahayakan diri sendiri.

  1. Menyiapkan fisik dan mental yang kuat

Pentingnya memiliki fisik yang sehat dan mental yang kuat dalam mendaki gunung, karena mendaki gunung bisa menguras tenaga dan energi dalam tubuh. Bahkan saat sudah kelelahan, itu bisa membuat kamu tersulut emosi yang belum tentu bisa dikendalikan. Sehingga kamu perlu menyiapkan mental yang kuat untuk mendaki gunung.

  1. Membawa perlengkapan kesehatan

Dalam melakukan pendakian ke gunung, khawatir dapat membuat anda tiba – tiba merasa sakit, demam, flu atau luka berdarah karena tergelincir di sekitar gunung. Kamu perlu waspada terhadap diri sendiri dengan membawa perlengkapan kesehatan seperti obat – obatan yang berbentuk tablet atau bahan – bahan lainnya untuk membalut luka.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru