HOLOPIS.COM, JAKARTA – Penyidik Polda Metro Jaya memastikan akan kembali memeriksa Ketua KPK nonaktif, Firli Bahuri pada pekan ini di Bareskrim Polri.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan lanjutan Firli sebagai tersangka pada pekan lalu. Dimana pada saat itu Firli Bahuri masih mampu tersenyum lebar saat merampungkan pemeriksaan dan tidak ditahan.

“Dilakukan pemeriksaan atau permintaan keterangan tambahan terhadap FB (Firli Bahuri) sebagai tersangka pada Rabu (6/12),” kata Wisnu dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (4/12).

Wisnu pun tidak menjelaskan lebih detail alasan pemeriksaan lanjutan terhadap Firli yang sebelumnya telah diperiksa selama berjam-jam di Bareskrim. Termasuk apakah dalam pemeriksaan kali ini apakah Firli Bahuri akan langsung dijebloskan ke dalam penjara oleh penyidik Polri.

“Dalam penanganan perkara a quo, yang di-schedule-kan pemeriksaan atau permintaan keterangan tambahan terhadap tersangka FB di Ruang Riksa Dittipidkor Bareskrim Polri gedung Bareskrim Polri lantai 6,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Firli Bahuri merampungkan pemeriksaannya sebagai tersangka kasus pemerasan terhadap eks Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Namun, usai diperiksa berjam-jam, Firli Bahuri masih bisa tersenyum lebar ketika dirinya bisa pulang ke rumahnya dan tidak meringkuk dalam sel.

Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri, Kombes Arief Adiharsa cuma mengatakan, penyidik Polda Metro Jaya belum perlu untuk menahan seorang pensiun jenderal bintang tiga Polri itu.

“Belum diperlukan,” kata Arief, Jumat (1/12).

Sementara itu, Firli Bahuri pun mengaku saat ini sudah lebih siap berbicara ke publik mengenai kasus yang telah menjeratnya sebagai tersangka tersebut.

Sehingga, Firli pun mengklaim memang sudah bersiap untuk memberikan keterangan usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim pada hari ini.

“Saya juga terimakasih dan mohon maaf kepada rekan-rekan yang sudah jeri payah menunggu saya. Saya tahu rekan-rekan pasti mengharapkan kehadiran saya karena itu pada malam hari ini saya hadir di depan rekan-rekan semua,” kata Firli Bahuri.