BerandaNewsRagamSejumlah Rumah Rusak Dampak Banjir Bandang di Labuhanbatu

Sejumlah Rumah Rusak Dampak Banjir Bandang di Labuhanbatu

HOLOPIS.COM, SUMUT – Banjir bandang melanda sejumlah wilayah pemukiman dan lokasi wisata di Desa Janji, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, banjir yang terjadi sejak Jumat (1/2) kemarin itu pun saat ini perlahan mulai surut.

“Banjir sudah mulai surut pada hari ini. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa yang terjadi di wilayah itu,” kata Abdul dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (2/12)

Abdul menjelaskan, hujan lebat yang terjadi menyebabkan debit air Sungai Aek Pala sehingga banjir bandang tak dapat dihindari di bagian hilir.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Pemukiman warga dan tempat wisata Aek Pala terdampak bencana tersebut. Peristiwa ini mengakibatkan kerusakan fasilitas umum dan melumpuhkan ekonomi masyarakat setempat,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Labuhanbatu, Darwin Yusmah mengatakan, banjir bandang mengakibatkan kerusakan di dua dusun.

“Banjir bandang juga mengakibatkan terganggunya aktivitas warga di Dusun Aek Pala dan Dusun Lobu Indah water-boom yang terkena dampak banjir bandang,” ujar Daniel Hamonangan Manurung yang juga menjabat analis kerusakan fisik BPBD Kabupaten Labuhanbatu itu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Labuhanbatu mencatat 250 KK di Dusun Aek Pala dan Lobu Indah terdampak bencana banjir bandang tersebut. Hasil kaji cepat BPBD menyebutkan bangunan rumah mengalami rusak berat. BPBD masih mendata tingkat kerusakan warga.

Selain itu, fasilitas umum berupa tanggul dan beronjong penahan air Sungai rusak berat. Arus kuat banjir bandang menggerus fasilitas itu. Kondisi ini dapat memicu longsoran di daerah lereng yang terdapat fasiltias tempat ibadah.

Sedangkan tempat wisata pemandian Aek Pala dan pemandian water-boom Dusun Lobu Indah sementara waktu ditutup untuk umum.

Merespons kejadian itu, BPBD setempat telah mengimbau warga untuk mengantisipasi potensi bahaya susulan. Hal tersebut mewaspadai curah hujan tinggi di tengah musim penghujan. Personel BPBD dan unsur terkait turun ke lokasi untuk memberikan pertolongan dan memastikan proses penyelamatan warga.

Bencana serupa juga menerjang wilayah lainnya di Sumatra Utara. BNPB memonitor banjir bandang juga menerjang Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Jumat (1/12).

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Jokowi Kirim Bantuan Kemanusiaan Untuk Papua Nugini dan Afghanistan

Presiden Jokowi (Joko Widodo) secara resmi melepas bantuan kemanusiaan senilai 18 miliar rupiah kepada Pemerintah Papua Nugini.

Pamer Kondisi Fit, Prabowo Lari Kecil dan Pose Gaya Silat di Istana

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menunjukan kondisinya kian sehat pasca menjalani operasi kakinya beberapa waktu lalu.

Perjalanan Akademis Firmanto Laksana: Dari Ketua Bidang PERADI hingga Guru Besar Kehormatan Unissula

Ketua Bidang Pendidikan Profesi Advokat, Sertifikasi, dan Kerja Sama DPN Peradi, Firmanto Laksana, dikukuhkan sebagai guru besar kehormatan Unissula, Semarang.

Penampilan di Minggu Terakhir PRJ 2024, Ada Rizky Febian Hingga Kotak!

Keseruan Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) akan masih terus berlanjut hingga tanggal 14 Juli nanti.

Guru Besar Unissula, Firmanto Laksana Dorong Pengembangan Industri Golf Tanah Air

Menantu pengacara kondang Otto Hasibuan ini telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung perkembangan industri golf di Indonesia.

Tahun Baru Islam Harus Jadi Ajang Kontemplasi Nasionalisme

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Prof Mahfud MD, mengatakan bahwa tahun baru Islam harus menjadi ajang untuk perenungan bagi seluruh bangsa Indonesia untuk merawat nasionalisme dan rasa persaudaraan antar sesama anak bangsa.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS