Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Partai Buruh Dukung Penuh Mogok Nasional Awalan Buruh di Seluruh Indonesia

Stop produksi, 100 ribu perusahaan, 5 Juta buruh akan bersama melakukan 'Mogok Nasional Lanjutan' yang waktunya akan kita tentukan kemudian.

HOLOPIS.COM, SURABAYA – Perjuangan buruh dalam menuntut kenaikan upah sebesar 15% di Tahun 2024 masih dan terus dilakukan. Bahkan, mereka telah membuktikan janjinya untuk bersama turun ke jalan dalam aksi ‘Mogok Nasional Awalan’ yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, yang turut hadir dalam aksi tersebut memberikan dukungan penuh, agar para buruh tetap tegar berjuang dalam memenangkan apa yang menjadi tuntutan. Terkhusus bagi kawan-kawan buruh yang ada di Jawa Timur.

“Pada hari ini Partai Buruh bersama elemen serikat buruh, petani, nelayan dan masyarakat lainnya turun ke jalan melakukan ‘Mogok Nasional Awalan’. Di mana buruh keluar dari pabrik-pabrik meskipun belum total (nanti ada Mogok Nasional Lanjutan) sambil menunggu keputusan Gubernur Jawa Timur terkait dengan kenaikan upah minimum 15% yang dituntut oleh serikat buruh dan didukung oleh Partai Buruh,” ujar Said Iqbal di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis (30/11) seperti dikutip Holopis.com.

Diketahui, dalam aksi tersebut, ribuan buruh yang tergabung dalam Gerakan Serikat Pekerja Jawa Timur (GESPER) turun memenuhi jalanan, guna mengawal putusan kenaikan upah minimum kabupaten/kota, sesuai apa yang telah direkomendasikan oleh bupati/walikota.

“Adapun massa aksi yang tergabung dalam GESPER menolak total kenaikan upah minimum menggunakan PP Nomor 51 tahun 2023 yang berkisar 3,6%. Karena yang buruh inginkan adalah 15%,” tegas Iqbal.

Tokoh buruh tersebut pun telah berkali-kali menyampaikan alasan, terkait mengapa kaum buruh begitu gigih dalam menuntut kenaikan upah. Sebab, diketahui berdasarkan BPS, inflasi makanan yang sering dikonsumsi oleh buruh terjadi di atas 20%.

“Harga beras naik 40%, telur 30%, transportasi 30%, sewa rumah 50%. Maka kenaikan mendekati 15% adalah hal yang wajar dituntut oleh buruh dan serikat buruh, yang juga didukung penuh oleh Partai Buruh,” ungkapnya.

Ditambah lagi, terkait survei terhadap 64 item dalam kebutuhan hidup layak (KHL) yang telah mengalami kenaikan harga sebesar 12-15%. Juga fakta bahwa Indonesia telah masuk ke dalam negara middle income country, dengan penghasilan sebesar Rp 5,6 Juta.

“Oleh karena itu kami mendesak dan meminta agar Gubernur Jawa Timur memastikan kenaikan upah minimum kabupaten/kota se-Jawa Timur sebesar 15%. Bilamana Gubernur mengabaikan tuntutan, maka kami akan melakukan ‘Mogok Nasional Lanjutan’,” imbuh Iqbal.

“Stop produksi, 100 ribu perusahaan, 5 Juta buruh akan bersama melakukan ‘Mogok Nasional Lanjutan’ yang waktunya akan kita tentukan kemudian,” pungkasnya.

Di sisi lain, aksi Mogok Nasional Awalan juga terjadi serentak di beberapa wilayah lainnya. Seperti Jakarta, Cilegon, Tangerang, Bandung, Kab. Bandung Barat, Bogor, Bekasi, Cianjur, Majalengka, Pekalongan, Jepara, Semarang, Karanganyar, Sidoarjo, Mojokerto dan Pasuruan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Donald Trump Nyaris Dibunuh Lagi, Pelaku Langsung Ditangkap

Mantan Presiden AS sekaligus kandidat Pilpres 2024 Donald Trump kembali nyaris menjadi korban penembakan.

Ada Aroma Adu Domba Prabowo dan Gibran, Mulai Fufufafa Hingga Private Jet

Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur Ali Mahdi Al Hamid menduga ada operasi yang tengah dijalankan oleh kelompok tertentu yang bertujuan untuk mengganggu agenda nasional, khususnya menjalang transisi kepemimpinan Jokowi ke Prabowo.

Menteri Agama Gus Yaqut Bahas Anggaran 2025 dengan Komisi VIII

Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR RI mengadakan rapat kerja untuk membahas penyesuaian anggaran 2025. Rapat berlangsung di Gedung Parlemen DPR RI, Jakarta Pusat.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru