HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tanggal penayangan pasti dari anime yang ditunggu-tunggu The Boy and the Heron akhirnya diumumkan oleh distributor film Asia Tenggara Encore Films.

Mereka telah mengonfirmasi film karya terbaru Hayao Miyazaki dari studio Ghibli, The Boy and the Heron (Kimi-tachi wa Dō Ikiru ka, atau secara harfiah How Do You Live?) di Indonesia akan tayang pada tanggal 13 Desember 2023 mendatang.

Jadwal penayangan pasti ini sempat diundur, yang harusnya tayang pada 29 November lalu dikarenakan berbagai hal. Namun, nampaknya antusiasme penggemar anime khususnya karya dari studio Ghibli masih sangat besar.

Sebelumnya, film ini ditayangkan perdana secara internasional di Festival Film Internasional Toronto (TIFF), sebagai film pembuka acara tersebut pada tanggal 7 September di Roy Thomson Hall. Ini menandai pertama kalinya festival dibuka dengan film animasi dan juga pertama kalinya untuk film Jepang.

Film tersebut merupakan film Studio Ghibli pertama yang mendapatkan rilis IMAX secara bersamaan. Film ini juga diputar di Dolby Atmos, Dolby Cinema, dan DTS:X.

Kisah ‘The Boy and The Heron / How Do You Live?’ ini berawal di Inggris selama era Perang Dunia Kedua. Ceritanya mengikuti jalan hidup seorang anak laki-laki bernama Mahito, yang setelah kehilangan ibunya dalam kebakaran, pindah ke pedesaan bersama ayah dan ibu tirinya. Di sana, ia menemukan menara misterius yang membawanya ke dunia magis. Di alam baru ini, dia bertemu teman dan musuh serta menjalani perjalanan penemuan jati diri.

Seperti diberitakan sebelumnya oleh Holopis.com, menurut halaman resmi untuk film tersebut, animasi film ini dikabarkan merupakan hasil orsinil dari gambar tangan yang merupakan daya tarik tersendiri dari anime ini.

“Film fitur pertama Hayao Miyazaki dalam 10 tahun, The Boy and the Heron adalah cerita orisinal yang digambar tangan, ditulis dan disutradarai oleh pemenang Academy Award. Diproduksi oleh salah satu pendiri Studio Ghibli, Toshio Suzuki, film ini menampilkan musik musik dari kolaborator lama Miyazaki, Joe Hisaishi,” demikian ditulis dalam situs resmi GKIDS seperti dikutip Holopis.com, (1/12).