HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Putu Supadma Rudana mengungkapkan, bahwa Pemerintah Indonesia mendorong supaya perdamaian di Kawasan Asia-Pasifik, khususnya Laut China Selatan.

Pernyataan tersebut Supadma sampaikan dalam unggahan video Instagram DPR RI, saat kegiatan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI di dalam Pertemuan Tahunan Asia-Pacific Parliamentary Forum (APPF) ke-31 di Manila, Filipina, pada 23 sampai 26 November lalu.

“Tentu kita akan mendorong agar selalu terwujudnya stabilitas keamanan dan perdamaian di secara khusus mungkin di Laut China Selatan,” kata Supadma dalam pernyataanya, seperti dikutip Holopis.com, pada Selasa (28/11).

Selain itu, Supadma juga menyampaikan, bahwa pertemuan tersebut membahas mengenai keamanan maritim, menurutnya Pemerintah Indonesia mengajukan sebuah resolusi untuk mengawal maritime security di perairan laut tanah air.

“Yang pertama isu tentang political and security matters. Memang Indonesia mengajukan sebuah resolusi tentang bagaimana kita bisa mengawal maritime security, kawasan laut yang ada di wilayah kita,” ujarnya.

Selanjutnya, dirinya juga menjelaskan, bahwasanya resolusi dari Pemerintah Indonesia tersebut merupakan sebuah kode etik untuk mengatur semua negara di Asia-Pasifik.

“Dalam resolusi ini agar semuanya mengatur code of conduct yang memang akan mendorong terjadinya kedamaian dan perdamaian di kawasan Laut Pasifik secara lebih khusus Laut China Selatan,” jelasnya.