BerandaNewsPolhukamWapres Ingatkan Semua KBRI Bantu Pastikan Pemilu 2024 Berjalan Jurdil : Jaga...

Wapres Ingatkan Semua KBRI Bantu Pastikan Pemilu 2024 Berjalan Jurdil : Jaga Netralitas !

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin memberikan peringatan tegas terkait dengan netralitas para petugas penyelenggara Pemilu 2024.

Dalam kunjungan kerjanya di Bratislava, Slovakia, Sabtu waktu setempat, ia menegaskan bahwa netralitas bukan sekadar slogan, melainkan suatu tindakan yang harus diimplementasikan dengan sungguh-sungguh.

Sehingga demikian, ia menekankan bahwa pentingnya menjaga netralitas tanpa adanya pesanan atau tekanan dari pihak mana pun.

“Para petugas kita, tentu supaya tetap berusaha untuk menjaga netralitas,” kata Ma’ruf saat seperti dikutip Holopis.com, Minggu (26/11).

Penerbit Iklan Google Adsense

Ma’ruf Amin juga memberikan peringatan khusus kepada seluruh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di dunia untuk memastikan penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan dengan baik.

Tokoh NU (Nahdlatul Ulama) yang juga mantan Ketua MUI Pusat tersebut pun mewanti-wanti, agar pada pemilu 2024 nanti dapat dilaksanakan dengan jujur, adil, dan menjunjung tinggi netralitas.

“Artinya jangan sampai ada pesanan, ada tekanan, gitu kan. Jadi (Netralitas) bukan slogan, betul-betul dijalankan dengan baik,” tegas Kiai Maruf.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa KPU akan memulai waktu kampanye untuk Capres-Cawapres serta para Caleg mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2023. Total ada 75 hari waktu yang disediakan KPU untuk para peserta pemilu melakukan sosialisasi dan kampanye agar mereka dipilih oleh masyarakat.

Sementara itu, untuk Capres dan Cawapres, saat ini sudah ditetapkan oleh KPU melalui sidang pleno terbuka pada hari Senin (13/11), bahwa nomor urut (1) adalah Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar. Kemudian nomor urut (2) adalah Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut (3) adalah Ganjar Pranowo – Mahfud MD.

Bahkan untuk menyuarakan Pemilu Damai, KPU berencana menggelar kegiatan Deklarasi Pemilu Damai di depan kantor KPU RI, Menteng, Jakarat Pusat pada hari Senin 27 November 2023 pukul 14.00 WIB.

Rencananya, kegiatan tersebut akan dihadiri oleh seluruh partai politik peserta pemilu, para capres-cawapres maupun Presiden Joko Widodo sebagai perwakilan dari eksekutif.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Afifuddin Ogah Mundur Meski Dikritik Mahfud MD

Plt Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin menanggapi kritik yang dilontarkan Mahfud MD usai pemberhentian Hasyim Asy'ari sebagai ketua oleh DKPP RI.

Jokowi Tak Kunjung Tanda Tangani Pemberhentian Hasyim Asyari

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengaku belum menandatangani Keppres pemberhentian Hasyim Ashari dari posisi Ketua KPU RI.

Pegi Setiawan Bebas, Mabes Polri Bakal Evaluasi Penyidik

Mabes Polri menegaskan akan melakukan evaluasi menyeluruh pasca putusan praperadilan yang membebaskan Pegi Setiawan.

Jokowi Bela KPU dari Kritik Mahfud MD

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menanggapi kritik dari Mafud MD yang mendesak komisioner KPU mundur pasca kasus seksual Hasyim Ashari.

KPK Tak Sudi Gubris Megawati

KPK ogah menanggapi tantangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri soal penanganan kasus Harun Masiku.

Raffi Ahmad Bilang Nggak Dibayar Kampanyekan Marshel dan Jeje

Aktris Raffi Ahmad menepis kabar bahwa dirinya telah mendapatkan bayaran untuk mendukung calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS