Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Kemensetneg Tunggu Surat dari Polri untuk Copot Firli Bahuri dari Ketua KPK

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua KPK Firli Bahuri, telah resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya terkait kasus pemerasan pimpinan KPK kepada mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Dengan statusnya tersebut, maka Firli akan diberhentikan sementara sesuai dengan Pasal 32 ayat 2 dan ayat 4 Undang-undang (UU) Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Dalam pasal 32 ayat 2 berbunyi : Dalam hal Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi menjadi tersangka tindak pidana kejahatan, pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi diberhentikan sementara dari jabatannya.

Kemudian, Pasal 32 ayat 4 berbunyi : Pemberhentian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) ditetapkan dengan Keputusan Presiden.

Namun menurut Koordinator Stafsus Presiden Ari Dwipayana, belum menerima surat resmi penetapan tersangka Ketua KPK Firli Bahuri dari Polri.

Ari mengatakan, jika surat tersebut sudah diterima Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) akan langsung menindaklanjuti proses pemberhentian sementara Firli Bahuri.

“Sampai pagi ini, Kementerian Sekretariat Negara masih menunggu surat pemberitahuan penetapan tersangka dari Polri. Jika surat itu sudah diterima maka akan diproses menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Kamis (23/11).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Dasco : Kader Gerindra yang Masuk Kabinet Cuma Sedikit

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyebut bahwa komposisi kabinet Prabowo-Gibran saat ini sudah mulai terbentuk.

Pesan Nawawi ke Pimpinan KPK Mendatang : Berintegritas dan Bukan Perwakilan Pemerintah

Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango berharap agar pimpinan lembaga anti rasuah mendatang bisa memiliki perbedaan dengan sebelumnya.

Istana Tegaskan Koordinasi Pemerintah dengan KPK Berjalan Baik

Pihak Istana membantah pernyataan Nawawi Pomolango terkait susahnya untuk bertemu dan berkoordinasi dengan Presiden Jokowi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru