HOLOPIS.COM, JAKARTA – Diare merupakan suatu penyakit yang menyerang sistem pencernaan dengan gejala sering buang air besar 3 kali sehari dan tekstur feses biasanya menyerupai cairan. Diare dapat terjadi pada anak – anak, remaja, dewasa dan orang tua.

Kemunculan penyakit diare disebabkan adanya infeksi virus atau bakteri, keracunan makanan, alergi obat, mengonsumsi makanan pedas, atau mengonsumsi makanan yang kotor. Gejala diare tentu menghambat seseorang untuk melakukan aktivitas dalam kehidupannya sehari – hari.

Sobat Holopis tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati diare!

  1. Minum air putih

Mengonsumsi banyak air putih dapat meredakan sakit diare, anda harus segera minum satu cangkir air setelah buang air besar. Anda juga bisa mengonsumsi cairan oralit karena bisa membantu mengurangi rasa sakit atau menghentikan diare.

  1. Mengonsumsi obat diare

Cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit diare yaitu dengan mengonsumsi obat diare seperti attapulgite. Obat tersebut mampu menyerap bakteri atau racun yang berada di saluran pencernaan. Namun, anda harus melakukan cek kesehatan juga ke dokter supaya mendapat resep obat yang lebih tepat.

  1. Mengonsumsi air kunyit

Cara meredakan efek samping dari diare adalah dengan mengonsumsi rebusan kunyit karena air kunyit bisa membuat tinja yang cair menjadi padat. Anda cukup mengonsumsi satu gelas rebusan kunyit supaya penyakit diare tidak semakin parah.

  1. Menerapkan pola makan BRAT

BRAT adalah singkatan dari jenis makanan yang terdiri dari banana (pisang), rice (nasi), apple sauce (apel halus), dan toast (roti panggang). Makanan –  makanan tersebut dapat mencegah keram perut, menambah energi, menambah karbohidrat dan memulihkan sistem pencernaan.

  1. Mengonsumsi probiotik

Probiotik dapat meredakan rasa sakit dan mengurangi frekuensi buang air besar. Probiotik termasuk bakteri baik yang berfungsi untuk membuat mikroorganisme dalam sistem pencernaan menjadi seimbang. Adapun probiotik alami yaitu yoghurt, tempe, roti sourdough, dan kombucha.