HOLOPIS.COM, JAKARTA – Memasuki musim penghujan membuat kondisi cuaca di sebagian wilayah Jawa Tengah (Jateng) pada hari ini, Jumat (17/11) tidak bersahabat.

Menurut prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sebagian wilayah Jateng berpotensi turun hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, utamanya pada waktu malam nanti.

Bahkan BMKG juga telah mengeluarkan peringatan dini akan potensi hujan ekstrem, hujan yang dapat disertai petir dan juga angin kencang di Jateng.

“Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Pegunungan tengah-dataran tinggi, dan sekitarnya pada siang/sore-malam hari,” tulis peringatan dini BMKG seperti dikutip Holopis.com, Jumat (17/11).

BMKG memprediksi, hujan dengan intensitas sedang mulai terjadi sejak pagi ini di wilayah Cilacap dan Kebumen. Kemudian pada siangnya, potensi hujan meluas ke wilayah Banjarnegara dan Kebumen.

Lanjut pada malamnya, potensi hujan dengan intensitas bervariatif diprediksi bakal terjadi di hampir seluruh wilayah Jateng.

Secara rinci, wilayah Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Demak, Jepara, Kajen, Kendal, Klaten, Kudus, Magelang, Mungkid, Pekalongan, Pemalang, Purwodadi, Rembang, Semarang, Slawi, Sragen, Surakarta dan Tegal bakal diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Potensi hujan dengan intensitas lebih tinggi diprediksi BMKG terjadi di wilayah Purwokerto, Salatiga, Temanggung, Ungaran, dan Salatiga. Kemudian hujan yang disertai petir bakal melanda wilayah Banjarnegara dan Purbalingga.

Selain cuaca BMKG juga merilis informasi prakiraan suhu udara di Jateng yang diprediksi BMKG bakal berada di kisaran 21-34 derajat celcius, dengan kelembapan udara di angka 45-95 persen.