Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Megawati Ungkit Momen Carikan Gedung MK : Saya Putuskan Dekat Istana

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengungkit kembali pembentukan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu disampaikannya sebagai respon atas dinamika politik yang terjadi belakangan ini akibat putusan MK.

Dalam pidato bertajuk ‘Suara Hati Nurani’, mantan Presiden kalima RI itu menceritakan bagaimana keseriusan dirinya dalam menggarap Mahkamah Konstitusi (MK), yang tercermin dari langkahnya mencarikan gedung untuk lembaga yang bertugas mengadili perkara konstitusi tersebut.

“Saya sebagai Presiden (kala itu) didampingi oleh Menteri Sektetaris Negara mencarikan sendiri gedungnya, dan saya putuskan berada di dekat istana, yaitu tempat yang sangat strategis, yang disebut sebagai Ring Satu,” kata Megawati dalam pidatonya yang dikutip Holopis.com, Minggu (12/11).

Megawati lantas mengatakan, bahwa MK harus menjaga kewibawaan untuk mengawal tatanan hukum di Indonesia. Dia menyebut, peran MK sangatlah penting.

“Dari namanya saja, Mahkamah Konstitusi ini seharusnya sangat-sangat berwibawa, memiliki tugas yang sangat berat dan penting guna mewakili seluruh rakyat Indonesia di dalam mengawal konstitusi dan demokrasi,” katanya.

Lebih lanjut, Megawati berharap agar MK ke depan dapat terus konsisten memberikan manfaat bagi seluruh elemen bangsa dan negara.

“MK harus bermanfaat bukan bagi perorangan, tapi bagi rakyat, bangsa dan negara,” tukasnya.

Seperti diketahui, situasi politik belakangan ini memanas usai MK yang saat itu diketuai Anwar Usman mengabulkan sebagian tuntutan tentang batas usia capres dan cawapres. Dimana putusan tersebut dinilai menguntunngkan Putra Sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Terbaru, Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) memutuskan memecat Anwar Usman yang tak lain adalah paman Gibran sebagai Ketua MK, karena terbukti melanggar kode etik sebagai hakim MK saat memutus perkara terkait batas usia capres-cawapres.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

APBMI Pastikan Bisnis Batu Bara Tan Paulin Tak Ada Campur Tangan Rita Widyasari

Pengusaha batubara Tan Paulin disebut menjalankan bisnis batu bara secara profesional.

BNN Bongkar Jaringan Narkoba Malaysia

Dalam operasi yang dilakukan sepanjang bulan Agustus, BNN berhasil membongkar jaringan peredaran narkotika asal Malaysia yang menyusupkan barang haram tersebut melalui Aceh untuk kemudian diedarkan ke Sumatra Utara dan Sumatra Selatan.

Komisi I Anggap Pemerintah Kurang Serius Jaga Keamanan Data

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta memberikan respons menohok kepada pemerintah atas adanya kasus kebocoran data kembali yang melanda Indonesia. Kali ini kasus itu dialami oleh Ditjen Pajak Kementerian Keuangan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru