HOLOPIS.COM, JAKARTA – Viral video merekam dua guru SD tampak berselisih, keduanya tampak tidak akur satu sama lain. Peristiwa ini terjadi di Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Dalam unggahan Tiktok @awbutarbutarse, (10/11), terlihat seorang guru yang mengenakan seragam batik hitam putih itu marah – marah sambil mengacungkan jarinya menunjuk ke guru yang memakai baju berwarna biru yang ada di sebrangnya. Belum diketahui dengan jelas penyebab mereka bisa berseteru.

Dua tenaga pengajar tersebut memiliki perbedaan kasta, guru yang sedang emosi itu adalah guru honorer dan guru yang satunya lagi menduduki posisi sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Pertengkaran diantara kedua guru itu terjadi saat berlangsungnya jam pelajaran sehingga membuat beberapa siswa menyaksikan keributan kedua gurunya.

“Presiden Jokowi dan menteri pendidikan segeralah turun di kec.bandar, kab.simalungun, sumut. Tak kompak guru dan guru honorer,” tulis caption.

Video yang menampilkan kedua guru tidak kompak ini menarik perhatian beberapa guru yang berkomentar bahwa harus lebih sabar ketika masih menjadi guru honorer.

“Kami di sekolah malah saling dukung dengan guru honorer. Bahkan tidak pernah membeda – bedakan baik yang sudah PNS maupun honorer. Kerja sama dan saling menghargai,” kata @yanoernie.nie.

“Saya tau sekali rasanya jadi guru honor karena pernah honor selama 3 thn. Setelah jadi PNS, saya sangat menghargai rekan2 honor dan saya sangat menjaga cara bicara,” kata @lindaharyati4.

“Ahamdulilah 12 thn honor, pernah diposisi ini karena masalah eksternal dengan PNS. Tapi sabarku berakhir manis! Karena yang benar selalu menampakan dirinya,” kata @alialfatih_tio.

@awbutarbutarse

presiden jokowi dan menteri pendidikan segerah lah turun di kec.bandar, kab.simalungun sumut tak kompak guru dan guru honor.

♬ suara asli – awbutarbutar