Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

Hari Kebebasan Sedunia : Momentum Runtuhnya Komunisme di Eropa Timur

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Kebebasan Dunia yang selalu diperingati setiap 9 November menjadi sejarah kelabu bagi pemahaman komunisme. Pasalnya, Hari Kebebasan Sedunia yang jatuh tepat di hari ini merupakan sejarah penting peradaban dunia atas peristiwa 9 November tahun 1989 silam di Jerman.

Pada 9 Novermber 1989, tercatat sejarah penting dimana Tembok Berling runtuh. Diketahui, Tembok Berlin tersebut merupakan pemisah antara Berlin Barat yang menganut sistem demokrasi dengan Berlin Timur yang menganut paham komunisme.

Tembok Berlin itu sendiri sudah berdiri hampir 3 dekade lamanya, sebagai simbol dari perang dingin. Runtuhnya Tembok Berlin kemudian menandai bahwa demokrasi mulai bangkit, dan jatuhnya komunis di Eropa Timur dan Tengah.

Berakhirnya komunisme di Eropa Timur dan Tengah tersebut sekaligus memastikan kebebasan bagi semua.

Hari Kebebasan Sedunia ini pun sejatinya dideklarasikan oleh Presiden AS, George W Bush pada 2001 sebagai hari perayaan federal Amerika Serikat.

Seiring pergantian Presiden di Amerika Serikat, Hari Kebebasan Sedunia ini terus digaungkan, seperti di era Presiden Barack Obama, Hari Kebebasan Sedunia dicanangkan pada 9 November 2016, dan 9 November 2017 oleh Donald Trump.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kebakaran Landa Sukabumi Selatan Kebon Jeruk, Ratusan Petugas Damkar Dikerahkan

Terjadi kebakaran di Jalan Arsirad RT 09/RW 03, Kelurahan Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Ratusan petugas pemadam kebakaran (damkar) pun dikerahkan ke lokasi kejadian.

Kebakaran Hebat di Dekat Rusun RPTRA Albo Lestari Cakung, 120 Personel Damkar Dikerahkan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kebakaran hebat kembali terjadi di kawasan...

Kebakaran di Kapuk Muara, 140 Personel Damkar Dikerahkan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kebakaran rumah tinggal terjadi di Jl....
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru