Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

5 Tips Jaga Kesehatan Mental Anak, Salah Satunya Kasih Perhatian ya Bund!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Orang tua perlu tahu bahwa merawat anak dengan baik bukan hanya memperhatikan kesehatannya secara fisik saja, tetapi juga harus menjaga kondisi mental anak.

Kesehatan mental berpengaruh penting bagi seorang anak, karena itu akan menggambarkan caranya bertindak dalam menjalin hubungan sosial bersama orang lain, emosinya berkembang, dan kondisi mental dapat merubah kesehatan tubuhnya.

Apabila orang tua tidak mempedulikan kesehatan mental anaknya itu dapat membuat anak menjadi pemurung, sedih, kesepian dan tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas sehari – hari.

Bagi sobat Holopis, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental anak dengan baik, dikutip Holopis.com dari Alodokter, Rabu (8/11).

  1. Memberikan perhatian lebih untuknya

Anak yang kurang diperhatikan dan tidak mendapatkan rasa kasih sayang yang cukup dapat membuatnya mengalami gangguan mental. Sehingga anda sebagai orang tua harus menunjukkan kasih sayang dan perhatian kepadanya. Karena anak yang menerima perhatian yang cukup dari orang tua dapat membuatnya menjadi anak yang periang.

  1. Membangun kepercayaan anak terhadap orang tua

Dalam menjaga kesehatan mental anak diperlukan rasa percaya seorang anak terhadap orang tuanya sendiri. Hal itu perlu diterapkan agar sang buah hati tetap merasa aman dan tidak merasa sendirian karena ada sosok yang menemaninya sehingga kelak anak itu tidak memiliki perasaan insecure.

  1. Membangun hubungan yang baik antara orang tua dan anak

Upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah anak terserang penyakit mental adalah dengan menjalin relasi yang baik. Anda bisa memulainya dengan melakukan aktivitas bersama anak seperti menggambar, mewarnai, jalan – jalan ke suatu tempat, bermain dan sebagainya. Kegiatan itu dapat memperkuat hubungan antara orang tua dan anak karena anak bisa merasa terhibur dan senang.

  1. Meningkatkan rasa percaya diri pada anak

Kesehatan mental anak dapat terjaga jika ia memiliki rasa percaya diri saat melakukan apapun. Anak perlu mengembangkan kemampuannya sendiri untuk bisa berpikir positif dan bangga dengan dirinya. Cara yang bisa dilakukan orang tua agar anak menjadi percaya diri adalah dengan membuat anak melakukan berbagai kegiatan yang disukainya dan anda juga harus memberi dukungan, pujian dan rasa semangat supaya anak tidak mudah menyerah.

  1. Membantu anak saat dalam kondisi kesulitan

Dalam menjaga kesehatan mental anak, orang tua harus membantu anak supaya tidak mengalami stres ketika merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolah ataupun saat memecahkan masalah. Anda perlu mengajarinya dengan baik supaya anak mengerti bahwa setiap masalah itu harus dihadapi dengan kepala dingin dan jangan emosian.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru