Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizOJK Imbau Masyarakat Bijak Gunakan Paylater

OJK Imbau Masyarakat Bijak Gunakan Paylater

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyoroti layanan pembiayaan atau pinjaman dengan sistem paylater yang kini banyak diminati oleh masyarakat, bahkan menjadi tren pembiayaan di kalangan anak muda.

Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya di OJK, Agusman menyadari, bahwa industri pembiayaan di Indonesia saat ini memang sedang tumbuh.

Tercatat per Agustus 2023, angka pertumbuhan industri tersebut mencapai 12,53 persen secara tahunan atau year on year (yoy). Pun untuk total penyaluran pembiayaannya mencapai Rp815,51 triliun.

“Salah satu tren yang sedang populer saat ini adalah BNPL atau buy now pay later, yang pertama kali diperkenalkan oleh peer to peer (P2P) lending. Namun, sekarang telah berkembang di sektor perusahaan pembiayaan dan perbankan,” ujar Agusman dalam keterangannya, Jumat (27/20) yang dikutip Holopis.com.

Dia pun menjelaskan, bahwa layanan pinjaman paylater ini bukan merupakan sebuah produk keuangan, melainkan hanya sebuah strategi marketing yang dipakai oleh perusahaan digital. Pasalnya, banyak layanan paylater yang merujuk kepada transaksi di platform-platform E-commerce.

Agusman menyadari, bahwa adanya layanan paylater ini memang memberikan kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi yang dapat dilakukan langsung hanya dengan smartphone saja.

Namun ia mengimbau masyarakat untuk menggunakan layanan paylater dengan bijak, sehingga tidak terjerumus dalam utang yang dapat mencatatkan catatan buruk di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK.

“Apabila kita membayar dengan tepat waktu, maka tidak akan ada catatan di SLIK. Namun, jika pembayaran tidak dilakukan dengan baik, maka akan tercatat sebagai pelanggaran,” tuturnya.

Agusman menegaskan, catatan buruk di SLIK OJK tentu akan menghambat upaya untuk memperoleh pembiayaan dari tempat lain di kemudian hari.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.