Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Dompet Dhuafa dan PUM Sukses Resmikan Desa Sehat di Kalteng

HOLOPIS.COM, KALTENG – Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa melakukan kerja sama dengan PT. Pagatan Usaha Makmur (PUM) untuk menghadirkan Aksi Layanan Sehat atau ALS PLUM Project. Salah satu hasilnya adalah Desa Sehat tang menjadi bagian dari Kawasan Sehat yang baru saja diresmikan.

Peresmian secara simbolik ini dilakukan di Puskesmas Pembantu (Putsu) Desa Subur Indah, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Senin (23/10) kemarin.

Dalam penjelasannya, Program Manager PT. PUM Imanuddin Utoro menyampaikan, bahwa hasil kolaborasi ini diharapkan bisa menjadi penopang bagi kebutuhan layanan kesehatan bagi masyarakat.

“Kami berpikir perlu pendekatan holistik untuk menyelesaikan masalah kesehatan, oleh karena itu kami bekerja sama dengan LKC Dompet Dhuafa mencari solusi yang lebih baik dan kami berpikir bahwa program yang akan dilakukan lebih ke arah promotif, edukatif dan pencegahan penyakit menular,” kata Imanuddin dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com.

Kemudian, Imanudin menuturkan bahwa Desa Sehat Subur Indah ini sebagai cikal bakal program lainnya di tahun-tahun mendatang, tersemat harapan dari Desa Sehat Subur Indah ini bisa direplikasikan untuk program yang serupa di desa-desa yang ada di sekitar konsesi PT. Pagatan Usaha Makmur.

Sementara itu, Kepala LKC Dompet Dhuafa Pusat drg. Martina Tirta Sari menyampaikan rasa syukur atas diresmikannya kawasan sehat di Desa Subur Indah, Kecamatan Katingan Kuala tersebut. Apalagi program desa sehat ini menurutnya adalah program ke 19 yang telah di-support oleh Dompet Dhuafa.

Alhamdulillah hari ini kita melakukan peresmian kawasan sehat yang ke-19 untuk seluruh LKC di Indonesia. Program ini mengedepankan pemberdayaan kesehatan di masyarakat, dimana kita berharap semuanya dikelola oleh masyarakat,” kata Martina.

Dia menjelaskan bahwa program desa sehat ini bisa dimanfaatkan sangat baik oleh masyarakat. Sebab konsep dari program ini adalah berasal dari masyarakat yang nantinya untuk kepentingan masyarakat juga.

“LKC Dompet Dhuafa bersama dengan PT. Pagatan Usaha Makmur hadir sebagai fasilitator, pada implementasinya program ini akan dikelola langsung oleh masyarakat dengan mengutamakan peran serta dari masyarakat. Ini adalah program dari masyarakat, oleh masyarakat dan manfaatnya untuk masyarakat,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, staf ahli Bupati Katringan, Kalpin menyampaikan ucapan terima kasih atas kolaborasi yang positif dilakukan oleh Dompet Dhuafa dan PT Pagatan Usaha Makmur. Ia berharap program ini bisa menjadi percontohan untuk daerah lain melakukan hal serupa.

“Program ini bisa menjadi satu contoh untuk dapat ditindak lanjuti, bukan hanya di Katingan Kuala, bahkan di seluruh kecamatan atau desa yang ada di Kabupaten Katingan,” ujarnya.

Ucapan terima kasih yang disampaikannya adalah mewakili rasa terima kasih Pj Bupati Katingan, Saiful yang berhalangan hadir.

“Tentu kami sangat menyambut baik dan berterima kasih kepada LKC Dompet Dhuafa dan PT. Pagatan Usaha Makmur yang sudah menghadirkan program ini. Kami mewakili pemerintah daerah berharap semoga ke depannya pemerintah daerah bisa berkolaborasi bersama di dalam program ini,” ucap Kalpin.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru