Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Lagu Rungkad Meledak, Pencipta Lagu Asli Diduga Tak Dapat Royalti

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lagu Rungkad belakangan ini menjadi sangat populer sejak dinyanyikan oleh beberapa penyanyi muda seperti Denny Caknan dan Happy Asmara. Lagu ini bahkan dinyanyikan oleh Putri Ariani saat tampil di Istana Negara ketika merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus.

Ternyata, ada kabar yang mengejutkan datang dari musisi Tanah Air, Anji. Dalam sebuah unggahan di Instagram, Anji membeberkan bahwa pencipta lagu Rungkad diduga tidak mendapatkan royalty yang sepantasnya ketika lagunya dinyantikan oleh banyak musisi.

“Pencipta lagu Rungkad pernah cerita ke saya, dia hampir nggak pernah mendapatkan hak ekonomi dari lagu-lagunya yang dibawakan buanyak musisi. Buat musisi/penyanyi dengan bayar puluhan/ratusan juta yang bawain Rungkad di panggung, yuk lakukan sesuatu,” tulis Anji di akun @duniamanji, dikutip Holopis.com, Minggu (15/10).

Anji meminta agar para musisi yang membawakan lagu Rungkad untuk mengingatkan pihak penyelenggara, agar membayarkan hak pencipta lagunya.

“Atau jika terketuk hatimu, memberi apresiasi kepada dia pasti akan membuatnya bahagia. Atau jangan-jangan kamu tidak tahu siapa pencipta lagunya?” lanjut Anji.

Tak ketinggalan, Anji mengatakan bahwa unggahannya itu sudah atas izin pencipta lagu Rungkad, @vicky_prasetyo777. Anji juga meminta agar Vicky sering diundang oleh penyelenggara acara agar ia bisa merasakan langsung hasil dari karyanya.

Lebih lanjut, Anji menjelaskan berapa persenan yang seharusnya dibayarkan kepada pencipta lagu. Meski demikian Anji berpendapat bahwa hitungan Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) masih rumit. Apalagi menurutnya, jumlah keuntungan untuk pencipta lagu berdasarkan LMKN sangatlah kecil.

Tetapi ia tetap meminta agar para penyanyi tidak hanya menikmati karya lagu orang lain saja, tetapi juga ikut memperhatikan hak-hak mereka.

Komentar ini pun disambut baik oleh para followers Anji, terutama pencipta lagu Rungkad, Vicky Prasetyo.

“Makasih ya bang,” kata @vicky_prasetyo777.

“Yang dapat banyak penyanyi koplo cewek itu ya wkwkwk,” kata @mekeno28.

“Yang lebih sadism ah, udah nggak izin, nggak bayar pula,” kata @ardhi13ar.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Amanda Rawles Mimpikan Laura Anna, Netizen Merinding

Film Laura  yang mengangkat kisah mendiang selebgram Laura Anna sukses membuat banyak netizen terharu.

Heboh Tudingan Mahalini Diduga Selingkuh, Rizky Febian Bilang Gini..

Netizen Indonesia saat ini sedang dihebohkan dengan kabar miring dari pasangan suami istri Rizky Febian dan Mahalini Raharja.

Tak Cuma Gosip, Ada Bukti Salim Nauderer Diduga Selingkuh dengan Azizah Salsha

Salim Nauderer akhirnya angkat bicara setelah kehebohan gosip dirinya berselingkuh dengan istri Pratama Arhan, Azizah Salsha.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru