Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizJokowi Akui China Jadi Mitra dan Investor Terbesar Indonesia

Jokowi Akui China Jadi Mitra dan Investor Terbesar Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kemitraan strategis komprehensif antara Indonesia-China yang menurutnya berkembang pesat dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Hal sebagaimana disampaikan Jokowi saat melaksanakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Republik Rakyat China (RRC), Li Qiang yang berlangsung di Diaoyutai State House Beijing, pada hari ini, Selasa (17/10).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga menyampaikan, bahwa negeri tirai bambu tersebut merupakan mitra dagang sekaligus investor terbesar bagi Indonesia.

“China menjadi mitra dagang terbesar Indonesia dan China juga menjadi investor terbesar kedua Indonesia,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (17/10).

Melihat hal tersebut, Jokowi menilai kerjasama yang telah terjalin antara kedua negara tersebut dapat turut menguatkan kerja sama regional dan internasional.

Dalam kesempatan tersebut, Orang nomor satu di Indonesia itu juga turut menyampaikan apresiasinya terhadap sejumlah kerjasama yang terjalin antara Indonesia dan China, salah satunya dalam bidang investasi dan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Saya mengapresiasi kerja sama design planning antara Otoritas Ibu Kota Nusantara dan Shenzen, serta minat swasta China di Ibu Kota Nusantara untuk di bidang perumahan dan kesehatan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Jokowi lantas meminta dukungan PM Li Qiang untuk mendorong percepatan realisasi investasi China, khususnya di IKN.

Dia juga meminta dukungan atas rencana penandatanganan MoU atas kerjasama proyek pembangunan kawasan industri hijau di Kalimantan Utara, serta realisasi proyek tenaga angin dan tenaga surya.

Tak sampai disitu, Kepala Negara itu juga mengharapkan dukungan PM Li Qiang terkait perluasan akses pangan hingga produk pertanian dan perikanan Indonesia di China.

“Saya mengharapkan dukungan Yang Mulia untuk perluasan akses pangan, produk pertanian, dan perikanan Indonesia di China,” tukas Jokowi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).