Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jokowi Pede Sudah Antisipasi Fenomena El Nino

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengunggah sebuah gambar di media sosialnya yang bermaksud untuk memperingati Hari Pangan Sedunia.

Dalam unggahannya tersebut, Jokowi mengatakan, tahun 2023 merupakan tahun yang sulit bagi dunia, termasuk Indonesia. Dimana fenomena El Nino sedang terjadi. Sehingga, bencana kekeringan dapat menyebabkan gagal panen.

“Ini tahun yang berat bagi dunia, tak terkecuali Indonesia. El Nino, kenaikan suhu bumi, kemarau panjang yang menyebabkan gagal tanam dan gagal panen,” kata Jokowi dalam keterangannya di Instagram, seperti dikutip Holopis.com, pada Senin (16/10).

“Hingga faktor geopolitik dunia telah mempengaruhi pasokan pangan,” lanjutnya.

Kepala Negara tersebut menuturkan, fenomena El Nino yang terjadi pada tahun ini telah diperhitungkan oleh pemerintah agar dapat menstabilisasi ketahanan pangan.

“Semua tantangan itu telah kita antisipasi dengan menyiapkan cadangan beras yang cukup. Dan jauh-jauh hari sebelumnya, infrastruktur yang diperlukan untuk menjaga ketahanan pangan telah kita bangun, dari waduk, ribuan embung, hingga jaringan irigasi,” klaimnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga menegaskan, dirinya optimis Indonesia akan mampu menghadapi tantangan kedepannya karena telah menyiapkan perencanaan dengan teliti.

“Dengan kesiapan dini dan perencanaan yang cermat itulah, Indonesia akan mampu menghadapi segenap tantangan, baik yang sifatnya global maupun yang terjadi di kawasan, juga yang berlangsung lama sampai yang musiman,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru