BerandaNewsEkobizIntip 5 Strategi OJK Susun Peta Jalan Industri Pinjol

Intip 5 Strategi OJK Susun Peta Jalan Industri Pinjol

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diketahui tengah menyusun roadmap atau peta jalan industri fintech peer-to-peer (P2P) lending yang sehat, berintegritas, dan inklusif.

Fintech P2P lending adalah layanan pinjam meminjam uang secara langsung antara lender atau pemberi pinjaman, dengan borrower atau penerima pinjaman berbasis teknologi informasi, atau yang biasa dikenal pinjaman online (pinjol).

Dalam penyusunan peta jalan industri ini, OJK akan befokus pada 5 (lima) strategi, salah satunya yakni penguatan permodalan, tata kelola, dan manajemen risiko.

“OJK sedang menyusun roadmap industri fintech P2P lending, di mana OJK fokus pada lima strategi,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK, Agusman dalam keterangan tertulis yang diterima Holopis.com, Minggu (15/10).

Penerbit Iklan Google Adsense

Agusman menjelaskan, penyusunan peta jalan tersebut merupakan upaya OJK dalam mendorong industri fintech P2P lending lebih efektif dalam penyaluran pinjaman atau pembiayaan bagi pelaku usaha khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM),

Adapun untuk lima strategi OJK dalam mewujudkan fintech P2P lending yang sehat, meliputi penguatan permodalan, tata kelola, dan manajemen risiko. Kemudian penguatan pengaturan, pengawasan, dan perizinan.

Selanjutnya yakni penguatan perlindungan konsumen, pengembangan elemen ekosistem, dan yang terakhir yakni pengembangan infrastruktur data dan sistem informasi.

Melalui penerapan strategi tersebut, lanjut Agusman, diharapkan terbentuknya industri fintech P2P lending yang sehat, berintegritas, dan inklusif.

Selain itu, diharapkan juga terlaksananya perlindungan konsumen fintech P2P lending yang memadai, terciptanya elemen ekosistem yang mendukung pengembangan dan penguatan fintech P2P lending, serta tersedianya infrastruktur data dan sistem informasi yang mendukung pengembangan dan penguatan fintech P2P lending.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi, Cek Rincian Harganya

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Dibuka Perkasa di Zona Hijau, Kuat Sampai Akhir?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 27,83 poin atau 0,39 persen ke posisi 7.248,72 pada awal perdagangan hari ini, Jumat (5/7).

Jelang Akhir Pekan, Harga Emas di Pegadaian Ramai-ramai Naik

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan menjelang akhir pekan, yakni pada hari Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Gacor, Ikuti Penguatan Bursa Saham Kawasan Asia dan Global

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (4/7) berhasil ditutup menguat, mengikuti penguatan bursa saham kawasan Asia dan Global.

Jokowi di Karawang Resmikan Proyek Ekosistem Kendaraan Listrik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan proyek ekosistem kendaraan listrik dan pabrik sel baterai listrik. Ia mengklaim bahwa proyek ini menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS