Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jokowi Pastikan Stok Beras Nasional Masih Memadai

HOLOPIS.COM, JABAR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung kegiatan panen raya padi di Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, pada Jumat (13/10).

Dalam tinjauannya tersebut, Jokowi menjelaskan bahwa produksi beras dalam panen raya tersebut masih tergolong baik meskipun ada penurunan yang disebabkan efek kekeringan akibat Super El Nino.

“Saya melihat ke bawah itu, untuk memastikan bahwa produksi itu masih baik. Tapi memang turun karena super El Nino, tapi masih baik,” kata Jokowi dalam Keterangan Pers, seperti dikutip Holopis.com.

“Jangan nanti kita apa terkondisikan wah kelihatan ngeri sekali gak produksi masih baik tetapi memang terganggu sedikit oleh Super El Nino,” lanjutnya.

Kepala Negara itu menerangkan, bahwa pada panen tersebut diperkirakan satu hektar sawah bisa menghasilkan sekitar 8 sampai dengan 9 ton beras dan untuk harga jual gabah berkisar Rp 7.200 sampai Rp 7.400 per kilogram.

“Saya tadi menanyakan ke petani 1 hektar bisa 8 sampai 9 ton rata-rata 8,6 ton per hektar dan harga gabahnya sekarang. Ya senang semua petani 7.300, 7.400, 7.200. Ya semua petani senang,” terangnya.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan, bahwasannya cadangan beras di Bulog akan kembali bertambah yang diperhitungkan kira-kira 500, 600 ribu ton. Sehingga, cadangan pangan pemerintah masih termasuk aman.

“Akan datang 500 dan akan datang lagi kira-kira 500-600 ribu ton jadi artinya, cadangan pangan kita kondisinya aman. Tapi memang kita butuh beras ini juga, untuk masuk ke pasar, harga-harga bisa turun sedikit demi sedikit,” tuntasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...

Menhub Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Transportasi Inklusif Terintegrasi DTKJ Awards 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru