HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi perihal penangkapan yang dilakukan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada kemarin malam.

Jokowi awalnya menegaskan bahwa semua pihak harus menghormati proses hukum, terlebih dengan status tersangka yang saat ini sedang diemban oleh Syahrul Yasin Limpo.

“Kita harus hormati proses hukum yang ada baik di KPK, di kepolisian, di kejaksaan. Itu proses hukum yang memang harus dijalani,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (13/10).

Jokowi kemudian menampik bahwa upaya penahanan kader Partai Nasdem itu sebagai strategi politik mengingat kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK sedang berjalan di Polda Metro Jaya.

“Hmm apa hubungannya maksudnya?” imbuhnya.

Mengenai langkah KPK yang dianggap tergesa-gesa melampaui waktu pemanggilan sampai harus melakukan penjemputan, Jokowi pun memilih lebih berpihak kepada lembaga anti rasuah tersebut.

“Ya pasti ada alasan-alasan dari KPK kenapa dipercepat seperti itu. Kita hormatilah proses hukum yang ada di KPK,” tegasnya.