Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jokowi Dorong Peningkatan Persatuan Bangsa di Ajang KTT AIS

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi), menyampaikan pesan tersirat dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara-Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States (AIS) Forum. Yang dilaksanakan di Bali, pada Rabu (11/10).

Dalam pembukaan pertemuan tersebut, Jokowi meyakini bahwa walaupun negara-negara kepulauan dipisahkan oleh lautan, akan tetapi tidak menjadi penghalang untuk menciptakan sebuah persatuan.

“Laut bukanlah pemisah antar daratan, tapi laut justru pemersatu antar daratan, laut justru perekat dan penghubung antar daratan,” kata Jokowi dalam pernyataanya yang dikutip Holopis.com.

Kepala Negara itu juga menjelaskan, bahwasannya negara-negara kepulauan dapat saling bekerja sama serta tidak ada jarak pemisah untuk melakukan hal tersebut

“Sebagai sesama negara kepulauan dan pulau terlepas besar atau kecil, terlepas maju atau berkembang, kita berbagi tantangan kompleks bersama yang saling kait mengkait dan saling terhubung satu sama lain,” jelasnya.

Selanjutnya, Presiden menuturkan bahwa Indonesia juga bermaksud ingin menyediakan dana hibah untuk kemajuan negara kepulauan dan mendorong agar tetap menjalin kerja sama negara-negara kepulauan.

“Indonesia ingin mengajak seluruh negara yang hadir, marilah kita tetap memilih untuk terus menjalin kesatuan dan terus menjalin kolaborasi walaupun di tengah kondisi dunia yang terbelah. Let us walk and work together,” tuturnya.

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan bahwa pertemuan ini merupakan momen dimana untuk menetapkan arah kolaborasi ke depan pada tiga hal utama yang perlu didorong bersama.

“Yang pertama solidaritas, kesetaraan dan inklusivitas adalah prinsip yang menjadi pegangan bersama. Yang kedua prioritas pada kerjasama konkret yang disesuaikan dengan kebutuhan penerima. Yang ketiga kerangka kerjasama yang tangguh dan dinamis untuk menghadapi tantangan-tantangan ke depan,” terangnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru