Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah pejabat negara lainnya mengikuti rangkaian upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur pada Minggu (1/10).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri mulai dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin serta sejumlah pejabat negara lainnya yang mengikuti dengan khidmat upacara peringatan tersebut.

Kemudian, di dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa ideologi Pancasila adalah pondasi bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan global saat ini, seperti perubahan iklim, krisis pangan, krisis energi, resesi ekonomi, hingga disrupsi teknologi.

“Di tengah berbagai tantangan dan situasi itu, Indonesia tetap melangkah ke depan bersama-sama. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Seberat apapun tantangan dan rintangannya, dengan ideologi Pancasila sebagai pondasi, kita bergandeng tangan dan tetap bersatu menuju Indonesia maju,” kata Jokowi dalam unggahannya seperti dikutip Holopis.com, Minggu (1/10).

Usai mengikuti rangkaian upacara, Presiden Joko Widodo beserta rombongan terbatas kemudian melakukan peninjauan ke sumur Lubang Buaya untuk mengenang perjuangan para jenderal TNI yang gugur akibat kekejian PKI.

Sekadar diketahui bahwa Hari Kesaktian Pancasila diperingati sebagai bentuk penghormatan kepada 7 (tujuh) pahlawan Revolusi atau Tuparev yang gugur karena pengkhianatan oleh kelompok Partai Komunis Indonesia (PKI) pimpinan Letkol Untung dari Kesatuan TNI Angkatan Darat yang ingin mengganti ideologi Pancasila menjadi Komunisme. Peristiwa itu dikenal dengan Gerakan 30 September PKI atau G30S/PKI.

Mereka yang meninggal di dalam lubang buaya antara lain ;

1. Jenderal TNI (anumerta) Ahmad Yani yang saat itu menjadi Panglima Angkatan Darat,
2. Letjen TNI (anumerta) R Suprapto,
3. Letjen TNI (anumerta) MT Haryono,
4. Letjen TNI (anumerta) Siswondo Parman,
5. Mayor Jenderal TNI (anumerta) DI Panjaitan,
6. Mayor Jenderal TNI (anumerta) Suyoto Siswomiharjo, dan
7. Kapten CZI (anumerta) Pierre Tendean.

Jasad Tuparev ditemukan di dalam sumur tua di kebun kosong pada tanggal 4 Oktober 1965 di kawasan Lubang Buaya yang saat ini dijadikan Museum Kesaktian Pancasila.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru