Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizTekan Harga, Pemerintah Tingkatkan Pasokan Beras SPHP hingga 100 Ribu Ton

Tekan Harga, Pemerintah Tingkatkan Pasokan Beras SPHP hingga 100 Ribu Ton

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah akan terus melakukan upaya untuk menurunkan harga beras di pasaran, salah satunya dengan melakukan operasi pasar.

Dia mengatakan, pasokan beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang semula hanya 50 ribu ton, nantinya akan ditingkatkan menjadi 100 ribu ton.

“Beras kan kita sekarang kita operasi SPHP akan ditingkatkan dari 50 ribu ke 100 ribu,” kata Airlangga dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (29/8).

Sebagaimana diketahui, harga beras saat ini masih terbilang cukup tinggi di pasaran. Dari data panel harga Badan Pangan Nasional, harga beras premium di pedagangan eceran rata-rata sebesar Rp15.030 per kilogram (kg). Bahkan di salah satu daerah di Provinsi Aceh, harga rata-rata beras premium mencapai kisaran Rp26.250 per kg.

Untuk itu, pemerintah juga akan terus meningkatkan distribusi beras di berbagai pasar induk. Dengan begitu, kata Airlangga distribusi beras akan semakin lancar dan harga beras yang terus naik pun dapat ditekan.

“Ini yang makanya diminta buat distribusi lancar. SPHP diminta untuk naik,” kata dia.

Selain operasi pasar, upaya lain yang dilakukan pemerintah untuk menekan harga beras adalah dengan melanjutkan bantuan pangan berupa beras. Dikatakannya, bantuan beras tersebut akan disalurkan kepada penerima manfaat sebanyak 200 ribu per bulannya.

“Bantuan beras terus berjalan, itu minimal 200 ribu sebulan. Operasi pasar 300 ribu sebulan,” ujarnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.