HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Garuda, Teddy Gusnaidi mendorong adanya Kementerian Hak Cipta dan Bisnis ke depannya.

Menurut Teddy, dengan adanya Kementerian tersebut diharapkan temuan-temuan yang dilakukan oleh anak bangsa, haknya dapat dilindungi seutuhnya.

“Partai Garuda mendorong perlu adanya Kementerian Hak Cipta dan Bisnis ke depan. Dimana setiap anak bangsa yang membuat sebuah penemuan, penemuannya bisa diajukan ke kementerian,” ujar Teddy dalam postingan di X, seperti dikutip Holopis.com, pada Jumat (29/9).

“Jika dinilai layak, maka selanjutnya Kementerian yang mengurus, dari pengembangan, hak cipta hingga bisnisnya,” lanjutnya.

Juru Bicara Partai Garuda tersebut mengatakan, banyak dari para politisi hanya bisa bicara soal dunia kreatif akan tetapi, tidak bisa menemui solusi terbaik dalam melindungi karya pelaku kreatif.

“Sudah terlalu banyak para politisi bicara soal dunia kreatif, tapi belum ada solusi yang kongkrit. Kebanyakan hanya sebatas kulitnya saja, selebihnya seremonial. Para pelaku kreatif akhirnya bergerak sendiri, yang hasilnya tentu tidak sesuai dengan ekspektasi,” jelasnya.

Ia menilai hasil karya anak bangsa tidak boleh hilang serta akan selalu dihargai oleh negara.

“Jadi penemuan anak bangsa ini tidak terkubur, hilang ditelan waktu karena mereka tidak memiliki tempat penyaluran, jaringan bisnis, dana untuk pengembangan, pengurusan hak cipta dan sebagainya,” terangnya.

Lebih lanjut, Gusnaidi menjelaskan bahwa Kementerian ini sebagai wadah untuk semua dan terbuka pada setiap individu tanpa batasan akademik.

“Kementerian ini sebagai wadah untuk semua, yang tidak terbatas hanya pada badan riset dan inovasi atau organisasi riset, tapi terbuka pada setiap individu tanpa batasan akademik dan background peneliti,” ujarnya.

Bahkan, sesuai visi capres Prabowo Subianto yang mendapat dukungan oleh Partai Garuda, Teddy menilai antara aturan tentang ekonomi kreatif dan perkembangan sains serta teknologi harus selaras.

“Sesuai dengan program Prabowo peningkatan ekonomi kreatif, penguatan sains dan teknologi, maka Partai Garuda mendorong hal ini. Dengan begitu, dunia kreatif akan tumbuh pesat, menghasilkan penemuan-penemuan baru yang akhirnya menjadi sebuah bisnis besar, yang menyerap banyak tenaga kerja dan tentu berimbas pada tumbuh pesatnya perekonomian bangsa,” pungkasnya.