HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dunia food vlogger Indonesia kali ini sedang dihebohkan dengan kasus dugaan doxing. Hal itu dimulai saat salah satu food vlogger populer Indonesia, Farida Nurhan, yang memberikan teguran kepada sesama food vlogger dengan nama akun Codeblue.

Awalnya, CEO Sambal Bakar, Aa Juju membuat komentar pedas Warung Nyak Kopsah di media sosial. Karena penasaran, Codeblue pun mencoba santapan di restoran tersebut.

Ternyata, Codeblue juga memberikan kritikan untuk restoran itu. Farida Nurhan pun tidak menerima kritikan pedas Aa Juju dan Codeblue kepada restoran itu.

Di unggahan kritikan Codeblue, Farida Nurhan menyebutkan secara gamblang nama pemilik akun Codeblue di kolom komentar.

“Nerima endorse ngga (Nama pria yang diduga food vlogger Codeblue),” tulis Farida di kolom komentar IG @codebluuuu, dikutip Holopis.com, Sabtu (23/9).

Sontak, Codeblue langsung tak terima dengan perlakuan Farida, dan menudingnya telah melakukan doxing. Ia pun memberikan pesan langsung ke Farida melalui pesan Instagram, untuk segera minta maaf.

“Saya keberatan dengan doxing (menyebarkan identitas rahasia), penyebarluasan berita bohong, dan fitnah, serta pemecah belah dan perusak nama baik saya,” demikian isi pesan langsung Codeblue ke Farida Nurhan.

Ia pun tak ragu untuk mengambil keputusan akan melaporkan Farida Nurhan ke pihak yang berwajib dalam waktu 24 jam.

Tangkapan Layar
Isi dm Codeblue kepada Farida Nurhan. [Foto: Tangkapan Layar]
“Saya akan melaporkan secara resmi kepada pihak yang berwenang dalam 1×24 jam,” lanjutnya.

Farida Nurhan Tak Takut Ditantang

Tak lama kemudian, Farida Nurhan, atau yang biasa dipanggil Omay ini mengaku tak takut dengan gertakan Codeblue. Ia pun menantang balik Codeblue untuk melaporkannya ke polisi, tanpa menunggu waktu 1×24 jam.

“Silahkan laporkan saya ke pihak berwajib, kalau menurut anda itu perlu. Sebagai WNI yang baik, saya akan mengikuti peraturan dan panggilan dari pihak yang berwajib,” jawab Farida.

DM Farida Nurhan
Tangkapan layar DM Farida Nurhan. [Foto: Tangkapan Layar]
Menurut Farida, apa yang sudah dilakukan Codeblue bukanlah review jujur, namun mematikan rezeki orang lain. Sehingga Farida menolak untuk meminta maaf.

“Ngapain kamu nyuruh aku minta maaf, kamu tuh yang harusnya minta maaf ke Bang Madun, itu bukan review jujur tapi mematikan rejeki orang, ada bukti kamu makan nggak? Ada bukti kamu ngunyah makanan nggak?” kata Farida.

Respons Netizen

Netizen pun langsung memberikan pendapat mereka terkait permasalahan ini. Sebagian netizen menyerang Farida, karena dianggap sudah menyerang Codeblue secara personal. Apalagi, Farida juga sempat membuat video yang diduga menertawai fisik Codeblue.

“Omay nggak ngaca apa ya sama masa lalu dia, apalagi anaknya,” kata @dcn_123456.

“Padahal dulu suka Farida Nurhan, tapi kalau kayak gini agak gimana ya jadi males liatnya lagi,” kata @snowsunghoonie.

“Farida nggak berpendidikan, kalau udah kalah debat mulainya nyerang fisik,” kata @challaid.