BerandaNewsKesehatanGejala Kanker Ginjal, Penyakit yang Diderita Vidi Aldiano

Gejala Kanker Ginjal, Penyakit yang Diderita Vidi Aldiano

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Penyanyi Indonesia Vidi Aldiano belum lama ini mengumumkan bahwa sel kanker ginjal yang ia derita kembali tersebar ke beberapa titik. Karena itu, Vidi pun harus rutin memeriksakan diri ke dokter.

Kanker ginjal adalah jenis kanker yang terkadang tidak selalu mendapatkan perhatian sebanyak kanker lainnya. Namun tetap saja, gejala-gejala kanker ginjal perlu dikenali dan diwaspadai.

Ginjal adalah organ vital yang memiliki peran penting dalam mengeluarkan limbah dari tubuh dan menjaga keseimbangan cairan.

Berikut gejala kanker ginjal yang harus menjadi catatan.

Penerbit Iklan Google Adsense

1. Nyeri di Punggung Bawah

Nyeri atau ketidaknyamanan di daerah punggung bawah, di sisi yang terkena kanker ginjal. Nyeri ini dapat menjadi gejala yang paling umum dan persisten.

2. Hematuria

Terdapat darah dalam urine, yang bisa mengakibatkan urine berwarna merah muda atau bahkan merah tua. Hematuria biasanya tidak disertai rasa sakit.

3. Pembengkakan pada Sisi

Terkadang, pembengkakan dapat terjadi di sisi yang terkena kanker ginjal. Hal ini bisa terlihat atau teraba sebagai benjolan atau pembengkakan pada perut atau pinggul.

4. Penurunan Berat Badan yang Tidak Diketahui Penyebabnya

Kehilangan berat badan yang signifikan tanpa melakukan diet atau aktivitas fisik yang ekstrem dapat menjadi tanda gejala kanker ginjal yang telah berkembang.

5. Kelelahan dan Lemah

Orang dengan kanker ginjal sering merasakan kelelahan yang tidak dapat dijelaskan dan kelemahan yang terus-menerus.

6. Demam dan Kehilangan Nafsu Makan

Beberapa orang mungkin mengalami demam terus-menerus yang tidak terkait dengan infeksi lain dan hilangnya nafsu makan.

7. Tekanan Darah Tinggi

Kanker ginjal dapat mempengaruhi tekanan darah, dan hipertensi yang tidak terkontrol bisa menjadi gejala.

8. Sakit perut atau Flank

Rasa sakit pada perut bagian bawah atau sisi tubuh (flank) dapat terjadi ketika kanker telah mencapai tahap lanjut dan memengaruhi organ atau jaringan lain.
Pentingnya Deteksi Dini

Deteksi dini kanker ginjal memiliki peranan krusial dalam meningkatkan peluang kesembuhan. Pada tahap awal, kanker ginjal cenderung memiliki prognosis yang lebih baik, dan pengobatan seperti pembedahan untuk mengangkat tumor atau seluruh ginjal dapat berhasil.

Oleh karena itu, jika Sobat Holopis mengalami salah satu gejala yang telah disebutkan di atas, segera konsultasi ke dokter.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.

Cara Mencegah TBC : Langkah-langkah yang Penting Diikuti

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Saat ini Indonesia menjadi negara kedua dengan jumlah beban kasus TBC terbanyak di dunia setelah India, dan diikuti oleh China.

Mengenali Gejala Tuberkulosis (TBC): Pentingnya Deteksi Dini

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menyerang organ tubuh mana pun, tetapi biasanya mengenai paru-paru.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS