Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizEra Gempuran TikTok Shop, Pelaku UMKM Dituntut Lebih Kreatif

Era Gempuran TikTok Shop, Pelaku UMKM Dituntut Lebih Kreatif

HOLOPIS.COM, JAKARTA – E-commerce berbasis media sosial seperti TikTok Shop kini tengah menjadi perhatian pemerintah. Pasalnya, kehadiran platform media sosial sekaligus platform berjualan berdampak pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dengan demikian untuk menghadapi era gempuran TikTok Shop Cs tersebut, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong pelaku UMKM untuk mulai lebih kreatif.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting menuturkan, UMKM wajib mencari keunikan dan keunggulan produknya. Sebab menurutnya, keunggulan dan keunikan tersebut menjadi kunci UMKM untuk lebih eksis.

“Kalau cuma lihat dari sisi harganya murah aja, mungkin barang pabrikan itu banyak lebih murah, tapi kalau mau cari yang unik ya hanya di UMKM,” ujarnya sebagaimana dikutip Holopis.com, Jumat (22/9).

Loto mengakui, banjirnya ptoduk impor murah di pasaran menjadi tantangan tersendiri bagi UMKM. Namun dengan adanya kreativitas para pelaku UMKM, kondisi tersebut mestinya bukan jadi masalah yang yang berarti bagi UMKM.

“Kaos dari China memang banyak dan pasaran, tapi kalau kaos kamu ada keunikan, misal kombinasi batik tenun, yang tidak ada dari produk China. Maka produk tersebut sudah datang dengan keunikannya dan menjadi pembeda,” tuturnya.

Loto menegaskan, pemerintah mendukung upaya untuk membatasi produk-produk impor yang dijual dengan harga murah agar tidak semakin menggerus pasar UMKM lokal.

Namun, jika kondisi ini sudah terjadi di pasar, dia meyakini masih ada peluang bagi UMKM untuk bertahan karena banyak pelanggan yang menginginkan produk yang unik dan berkelas khas UMKM lokal.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.

Jokowi Sebut Kesempatan Kerja Makin Sempit, Fedi Nuril : UU Cipta Kerja Gagal, Pak ?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fedi Nuril memberikan sindiran kepada Presiden...

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.