Categories: NTT

Pemkab Rote Ndao Masa Bodo Para Pengecer BBM Patok Harga Tinggi

HOLOPIS.COM, NTT – Pemkab Rote Ndao melempar tanggung jawab atas tingginya harga bahan bakar minyak (BBM) di tingkat pedagang pengecer.

Asisten II Kabupaten Rote Ndao, Armis Saek menyebutkan, kenaikan harga di level pengecer itu bukan menjadi urusan pemerintah kabupaten.

“Pemerintah tidak memiliki kewenangan untuk campur tangan dalam penentuan harga yang diberlakukan oleh pengecer, karena hal tersebut telah diatur melalui NIB dan SK Bupati,” kata Armis Saek dalam keterangannya kepada Holopis.com, Kamis (21/9).

Dari hasil pemeriksaan tim dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, saat ini harga BBM hampir mencapai Rp15.000,00 per liter.

Sedangkan untuk BBM jenis Pertamax telah mengalami kenaikan selama bulan September 2023 sebesar seribu rupiah per liter.

“Ini disebabkan oleh sifat nonsubsidi dari jenis BBM ini. Pemerintah hanya mengatur harga BBM yang bersubsidi,” kilahnya.

Mengenai kuota BBM, Armis Saek menngklaim bahwa telah memantau dengan ketat oleh pihak berwenang meskipun akhirnya banyak yang dijual oleh tingkat pengecer.

Pembagian BBM ke pengecer resmi sendiri sebelumnya telah diatur melalui Surat Keputusan (SK) Bupati dengan syarat sebatas memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

“Ini berarti pengecer tidak dapat mengambil BBM langsung dari Pertamina, melainkan harus melalui penyalur yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Penyalur yang memiliki NIB dapat mendistribusikan BBM ke pengecer dengan harga yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Harga BBM untuk penyalur telah ditetapkan sebesar Rp.11.500.000 dengan harga per liter yang bervariasi tergantung pada jenis kemasan yang digunakan.

Dengan penjelasan ini, Armis Saek menegaskan bahwa pemerintah tidak memiliki kewenangan untuk campur tangan dalam penentuan harga yang diberlakukan oleh pengecer, karena hal tersebut telah diatur melalui NIB dan SK Bupati.

Robby Dance Henukh

Share
Published by
Robby Dance Henukh
Tags: NTT

Recent Posts

Jokowi Hormati Putusan DKPP soal Hasyim Asyari, Janji Pilkada 2024 Tetap Lancar

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pihaknya sangat menghormati putusan dari DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu)…

31 menit ago

Festival Kuliner Non Halal di Paragon Solo, Sempat Diprotes dan Dihentikan

Festival Kuliner Pecinan Nusantara yang dihelat di Solo Paragon Mall sejak 3 Juli 2024 menuai…

1 jam ago

Jangan Foto Sembarangan di Makam Rasulullah

Widi Dwinanda mengingatkan kepada para jemaah haji Indonesia yang masih di tanah suci, dan melakukan…

2 jam ago

Hari Bank Indonesia : Sejarah Serta Maknanya

Hari Bank Indonesia selalu diperingati di Indonesia setiap tahunnya tepat di tanggal 5 Juli.

2 jam ago

Bukan Ahok, Puan Maharani Lebih Tertarik Duet Anies-Andika

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengaku sudah mulai tertarik dengan potensi duet Anies Baswedan dan…

3 jam ago

Aktor Ternama Matthew Perry Hanya Tinggalkan Warisan 24 Miliar Setelah Meninggal Dunia, Kok Bisa?

Pada bulan Oktober 2023 silam, dunia kehilangan seorang bintang besar dari serial populer Friends, Matthew…

3 jam ago