BerandaDaerahNTTPemkab Rote Ndao Masa Bodo Para Pengecer BBM Patok Harga Tinggi

Pemkab Rote Ndao Masa Bodo Para Pengecer BBM Patok Harga Tinggi

HOLOPIS.COM, NTT – Pemkab Rote Ndao melempar tanggung jawab atas tingginya harga bahan bakar minyak (BBM) di tingkat pedagang pengecer.

Asisten II Kabupaten Rote Ndao, Armis Saek menyebutkan, kenaikan harga di level pengecer itu bukan menjadi urusan pemerintah kabupaten.

“Pemerintah tidak memiliki kewenangan untuk campur tangan dalam penentuan harga yang diberlakukan oleh pengecer, karena hal tersebut telah diatur melalui NIB dan SK Bupati,” kata Armis Saek dalam keterangannya kepada Holopis.com, Kamis (21/9).

Dari hasil pemeriksaan tim dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, saat ini harga BBM hampir mencapai Rp15.000,00 per liter.

Penerbit Iklan Google Adsense

Sedangkan untuk BBM jenis Pertamax telah mengalami kenaikan selama bulan September 2023 sebesar seribu rupiah per liter.

“Ini disebabkan oleh sifat nonsubsidi dari jenis BBM ini. Pemerintah hanya mengatur harga BBM yang bersubsidi,” kilahnya.

Mengenai kuota BBM, Armis Saek menngklaim bahwa telah memantau dengan ketat oleh pihak berwenang meskipun akhirnya banyak yang dijual oleh tingkat pengecer.

Pembagian BBM ke pengecer resmi sendiri sebelumnya telah diatur melalui Surat Keputusan (SK) Bupati dengan syarat sebatas memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

“Ini berarti pengecer tidak dapat mengambil BBM langsung dari Pertamina, melainkan harus melalui penyalur yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Penyalur yang memiliki NIB dapat mendistribusikan BBM ke pengecer dengan harga yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Harga BBM untuk penyalur telah ditetapkan sebesar Rp.11.500.000 dengan harga per liter yang bervariasi tergantung pada jenis kemasan yang digunakan.

Dengan penjelasan ini, Armis Saek menegaskan bahwa pemerintah tidak memiliki kewenangan untuk campur tangan dalam penentuan harga yang diberlakukan oleh pengecer, karena hal tersebut telah diatur melalui NIB dan SK Bupati.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Pegawai BUMN Dilaporkan Atas Dugaan Penyerobotan Tanah Warga di NTT

Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi NTT, Hiskia Simarmata kabarnya telah memerintahkan pihak Kantor Pertanahan Kabupaten Rote Ndao untuk segera menyerahkan data-data tanah milik Kristian Feoh.

Nyalon Bupati Rote Ndao, Paulus Henuk Janji Bangunkan Infrastruktur Merata

Bakal calon Bupati Rote Ndao, Paulus Henuk mengumbar janji untuk memastikan bahwa pembangunan infrastruktur akan dipenuhi dengan sebaik mungkin.

Kapolsek Rote Selatan Tunggu Laporan Korban Oknum Guru Selingkuh

HOLOPIS.COM, ROTE NDAO - Kapolsek Rote Selatan, IPDA Andi Darma Elim, memberikan pernyataan resmi menanggapi laporan warga tentang dugaan perselingkuhan yang melibatkan seorang ASN...

Pj Bupati Apresiasi TNI Gelar TMMD di Rote Ndao

Pj Bupati Rote Ndao, Oder Maks Sombu  menyatakan bahwa program TMMD adalah wujud nyata sinergi antara TNI dan masyarakat dalam pembangunan desa.

Konsistensi Penegak Hukum di NTT Dipertanyakan

Pengamat Hukum dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Aksi Sinurat mengungkapkan keprihatinannya terkait dengan konsistensi aparat penegakan hukum.

Kejari Rote Ndao Bantah Tuduhan Pulbaket Dana Reses DPRD

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Rote Ndao, Budi Narsanto, mengklarifikasi informasi yang beredar di media terkait dugaan penyelidikan anggaran reses 25 anggota DPRD Kabupaten Rote Ndao tahun 2021.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS