HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Perdamaian Internasional atau International Day of Peace diperingati oleh seluruh lapisan masyarakat dunia setiap tahunnya pada tanggal 21 September. Maksud dan tujuan dari peringatan ini adalah untuk memperkuat cita-cita perdamaian dunia.

Sejarah Hari Perdamaian Internasional

Hari Perdamaian Internasional pertama kali dideklarasikan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada tahun 1981. Baru kemudian pada tahun 2001, Majelis Umum PBB dengan suara lantang meminta agar selama satu tahun tahun tanpa kekerasan dan gencatan senjata.

Namun untuk mencapai perdamaian sejati, tidak hanya meletakkan senjata. Tetapi juga perlu adanya pembangunan masyarakat agar mereka dapat berkembang. Ini melibatkan penciptaan dunia di mana orang diperlakukan sama, terlepas dari ras mereka.

Tema Hari Perdamaian Internasional

Dikutip Holopis.com dari United Nations, tema Hari Perdamaian Internasional pada tahun 2023 ini adalah ‘Aksi untuk Perdamaian: Ambisi Kita untuk #Tujuan Global’.

Tema Ini dipilih sebagai wujud seruan kepada semua pihak, baik secara individu maupun kolektif untuk memupuk perdamaian dan membina perdamaian guna mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Pun untuk peringatan tahun 2023 ini, juga bertepatan dengan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) SDG. Konferensi ini akan berlangsung pada tanggal 18 persen 19 September 2023 mendatang.

Nantinya, negara-negara anggota akan meninjau secara komprehensif dampak dari berbagai krisis yang dihadapi dunia saat ini, dan memberikan panduan politik mengenai tindakan transformatif dan percepatan untuk mencapai SDGs pada tahun 2030 mendatang.