Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Kepala BNPB Klaim Mampu Kendalikan Karhutla di Sumatera Selatan

HOLOPIS.COM, SUMSEL – Kepala BNPB Letjen Suharyanto meninjau langsung lokasi terdampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dengan menggunakan helikopter patroli di Sumatera Selatan.

Dalam tinjauan pada Selasa (12/9), Suharyanto mengklaim bahwa sampai saat ini penanganan pemadaman kebakaran lahan masih berjalan dengan tepat sasaran dan berjalan efektif.

“Kami sudah langsung melihat kondisi di lapangan, memang sudah ada lahan yang terbakar tetapi sudah juga banyak yang di padam, ada beberapa titik di tengah-tengah yang memang susah dipadamkan akibat tempatnya terpencil, tetapi dengan dukungan armada water bombing harusnya eskalasinya bisa dikendalikan,” kata Suharyanto dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (13/9).

Suharyanto pun membantah apabila kebakaran lahan di Sumatera Selatan telah sampai menggangu pandangan di negara tetangga.

“Sudah ditinjau memang ada kebakaran tapi kalau dikatakan itu asapnya luar biasa dan dapat mengganggu atau menyeberang ke wilayah negara tetangga saya pastikan untuk kondisi hari ini itu tidak benar,” tuturnya

Suharyanto kemudian juga mengungkapkan, saat melakukan peninjauan udara, banyak lahan terbengkalai yang alami kebakaran.

“Memang lahan yang digarap itu relatif aman-aman tidak terbakar, yang terbakar ini kan lahan-lahan yang terbengkalai, nah yang terbengkalai ini mungkin kita perlu sampaikan data ini setelah sampai di Jakarta,” ujarnya.

Upaya pencegahan Karhutla pun telah dilakukan dengan memberikan dukungan operasi udara maupun operasi darat.

“Ini sudah dilakukan pemadaman secara masif dari udara menggunakan Heli water bombing, kesiapan water bombing yang ada di Sumatera Selatan ini yang termasuk terbanyak bahkan kita geser dari daerah-daerah lain,” bebernya.

Suharyanto kemudian juga berencana nantinya akan melakukan penambahan operasi udara dengan melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca dengan beberapa lembaga terkait untuk mempercepat proses pemadaman.

Baca selengkapnya di halaman kedua.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

4 Khasiat Pare, Pahit Tapi Baik untuk Tubuh

Pare, atau yang sering disebut juga sebagai peria, adalah sayuran yang dikenal dengan rasa pahitnya yang khas.

4 Alasan Bahaya Sentuh Sembarangan Bayi di Tempat Umum

Selebtok Jennifer Coppen melarang anak perempuannya, Kamari Sky Wassink disentuh oleh penggemarnya di tempat umum.

Khasiat Biji Nangka, Nomor 5 Wajib Dicatat Ciwi-ciwi!

Biji nangka, yang seringkali dianggap sebagai sampah dan dibuah setelah mengonsumsi buah nangka.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru