BerandaNewsKesehatanPandu Riono Wanti-wanti Masyarakat Jangan Sepelekan Dampak Udara Buruk

Pandu Riono Wanti-wanti Masyarakat Jangan Sepelekan Dampak Udara Buruk

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI), dr Pandu Riono memberikan peringatan kepada seluruh masyarakat agar jangan meremehkan buruknya kualitas udara, khususnya yang terjadi di wilayah Jabodetabek.

“Jangan anggap remeh dampak gangguan kesehatan manusia akibat menghirup udara beracun dalam situasi polusi udara yang berkepanjangan di wilayah Jabodetabek,” kata Pandu Riono dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (7/9).

Ia berharap semua pihak agar bisa bekerja maksimal untuk mengatasi buruknya kualitas udara yang terjadi. Salah satunya adalah dengan mengendalikan sumber emisi polutan, penghasil PM2,5 yang kini menjadi health issue di Indonesia itu.

“Perlu respons yang cepat dan strategis agar sumber emisi polutan diatasi secara konsisten,” ujarnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Kemudian, Pandu Riono yang juga dikenal sebagai juru wabah itu pun meminta semua pihak yang berwenang untuk terus memberikan edukasi dan informasi yang akurat dan realtime terhadap kondisi udara terkini.

Jika kualitas udara sedang buruk, imbauan penggunaan masker sebagai alat pelindung diri terhadap sistem pernafasan juga perlu digencarkan.

“Penduduk perlu diberitahu kondisi kualitas udara yang mereka hirup setiap saat dan promosi penggunaan masker ketika beraktifitas,” tuturnya.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, berdasarkan pantauan dari web apps Index Quaility Air (IQAir) per pukul 07.17 WIB, kualitas udaranya sedang dalam kategori tidak sehat, atau berada di skor 159.

Dan saat ini, Jakarta menjadi kota di negara yang memiliki kualitas udara terburuk nomor 4 setelah Lahore Pakistan dengan skor 160. Kemudian di atasnya ada Beijing China dengan skor udara 161, dan terakhir adalah Doha Qatar dengan skor kualitas udara 182.

Untuk informasi kualitas udara terbaru secara lengkap, silakan kunjungi situs https://www.iqair.com/id/world-air-quality.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Ternyata Ini Manfaat Sayur Bayam, Salah Satunya Cegah Anemia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bayam memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni dipercaya bisa mencegah anemia. Sebelumnya diketahui, bayam memiliki banyak kandungan di dalamnya,...

Minum Madu Tiap Hari Biar Sehat! Gak Percaya?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mengingat madu merupakan pemanis alami yang mengandung zat yang bersifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Madu...

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS